Irwan Febri Rialdi
Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberikan keterangan kepada media sebelum memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/2/2020). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Bolatimes.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak akan melakukan karantina 14 hari setelah tiba di Tanah Air. Ia bisa langsung memimpin pemusatan latihan (TC) tim nasional. 

Padahal, karantina merupakan suatu kewajiban untuk setiap Warga Negara Asing (WNA), yang masuk ke Indonesia dalam situasi saat ini. Penyebaran COVID-19 menjadi penyebabnya.

Hal ini berpedoman pada Permenkumham nomor 11 tahun 2020. Sebagaimana disebutkan orang asing dapat masuk wilayah Indonesia setelah memenuhi persyaratan.

Baca Juga:
Liverpool Juara, Trofi Liga Inggris Akhirnya Jatuh ke Tim Warna Merah Lagi

Manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (22/7/2020) malam. Shin akan memimpin pemusatan latihan timnas senior dan U-19 Indonesia. (ANTARA/HO/PSSI)

Diantaranya orang asing pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, orang asing pemegang visa diplomatik dan visa dinas, orang asing pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, tenaga bantuan dan dukungan medis, pangan dan alasan kemanusiaan, awak alat angkut, serta orang asing yang akan bekerja pada proyek strategis nasional.

Selain itu orang asing yang datang ke Indonesia harus melalui berbagai tahapan. Seperti memiliki surat keterangan sehat dalam bahasa Inggris dari otoritas kesehatan di masing-masing negara, telah berada 14 hari di wilayah/negara yang bebas virus COVID-19, dan pernyataan bersedia masuk karantina selama 14 hari yang dilaksanakan oleh pemerintah RI.

Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto, menjelaskan Shin Tae-yong dapat keistimewaaan untuk tidak menjalani karantina selama dua pekan karena Permenkumham tersebut. Meski jika dilihat secara seksama tidak ada sama sekali pasal yang menyebutkan Shin Tae-yong, terbebas dari karantina selama 14 hari.

Baca Juga:
Shin Tae-yong dan 4 Stafnya Telah Tiba di Jakarta, Siap Pimpin TC Timnas

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Karantina 14 hari itu tidak wajib diikuti Shin Tae-yong. Selama dikenali reaktif baru karantina 14 hari, kalau negatif bisa langsung ke lapangan," kata Gatot kepada awak media, Rabu (22/7/2020).

Shin Tae-yong bersama staf pelatih lainnya sudah tiba di Jakarta, Rabu (22/7/2020) malam. Rencananya, hari ini, Kamis (23/7/2020) Shin Tae-yong beserta staf dan juga pemain-pemain yang akan menjalani TC akan menjalani swab test.

Seperti diketahui Shin Tae-yong memanggil 29 pemain timnas Indonesia senior untuk menjalani TC di Jakarta. Selain itu, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu juga memanggil 46 pemain timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:
Chelsea Disikat Liverpool, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris 2019/2020

Pemusatan latihan ini akan berlangsung sampai dengan 8 Agustus 2020. Untuk latihan rencananya akan berlangsung di Stadion Madya, Jakarta.

Penulis: Adie Prasetyo

Baca Juga:
Video Detik-detik Pesepak Bola Rusia Tersambar Petir, Nyaris Tewas

Load More