Rauhanda Riyantama
Napoli juara Coppa Italia setelah mengalahkan Juventus pada laga final di Olympic stadium, Roma. (Filippo MONTEFORTE / AFP)

Bolatimes.com - Napoli akhirnya berhasil keluar menjadi juara Coppa Italia musim ini. Prestasi tersebut didapat usai menggasak Juventus lewat adu penalti 4-2 pada pertandingan final yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.

Pemenang dalam pertandingan final tanpa penonton ini harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim selama waktu normal gagal menghasilkan satu gol pun.

Dari kubu Juventus, Paulo Dybala dan Danilo menjadi algojo penalti yang gagal, sedangkan keempat eksekutor Napoli sukses menunaikan tugasnya, demikian dilansir Antara dari laman resmi FIGC.

Baca Juga:
Kalah Terus, The Minions Penasaran Ingin Bungkam Pasangan Jepang Ini

Striker Napoli Lorenzo Insigne (tengah) mengangkat trofi Coppa Italia, serta pelatih Gennaro Gattuso dan para pemain merayakan kemenangan atas Juventus di final. Filippo MONTEFORTE / AFP

Napoli tidak diperkuat kiper David Ospina yang terkena skors, sedangkan Mario Rui, Fabian Ruiz, dan Jose Callejon kembali dimainkan setelah diandalkan pada pertandingan semifinal melawan Inter Milan.

Juve tidak diperkuat Gonzalo Higuain, Giorgio Chiellini, Merih Demiral, dan Sami Khedira, sehingga Juan Cuadrado yang mengisi tempat Danilo di posisi bek kanan menjadi satu-satunya perbedaan dari laga melawan AC Milan di semifinal.

Jalannya Pertandingan 

Baca Juga:
Simak! Ini 5 Fakta Menarik Jelang Manchester City vs Arsenal

Cristiano Ronaldo memaksa kiper Meret melakukan penyelamatan pada menit kelima. Napoli tidak tinggal diam, peluang bagus mereka dapatkan melalui tendangan bebas Lorenzo Insigne yang membentur bagian atas tiang dekat gawang Juve.

Partenopei memiliki tiga peluang bagus menjelang turun minum. Pertama melalui sepakan melengkung Insigne yang dapat dihalau Alex Sandro, kemudian upaya blok Buffon untuk menghentikan laju Diego Demme dari jarak dekat. Dari tendangan bebas yang dihasilkan, Buffon menepis bola tembakan Insigne.

Awal babak kedua menjadi milik Napoli yang menekan Juve. Bianconerri kemudian memasukkan Danilo untuk menggantikan Douglas Costa sehingga posisi Juan Cuadrado digeser lebih ke depan. Napoli juga melakukan pergantian pemain, dan Arkadiusz Milik memiliki peluang bagus saat melepaskan sepakan melambung.

Baca Juga:
Satu Pemain Napoli Diusir Gennaro Gattuso di Sesi Latihan

Menjelang waktu normal usai, Buffon melakukan aksi heroik dengan menepis tandukan Nikola Maksimovic. Kiper gaek itu kemudian masih mampu menggagalkan peluang Eljif Elmas dari jarak dekat.

Para pemain Napoli berlari ke arah Arkadiusz Milik setelah dia mencetak gol kemenangan dalam adu penalti saat mengalahkan Juventus di final Coppa Italia. Filippo MONTEFORTE / AFP

Pada adu penalti, Dybala menjadi penendang pertama Juve dan kemudian gagal menunaikan tugasnya. Eksekutor pertama Napoli Insigne justru mampu menaklukkan Buffon.

Algojo kedua Juve Danilo juga tidak mampu mengeksekusi penalti dengan sempurna. Penendang berikutnya adalah Matteo Politano yang sukses mengeksekusi penalti untuk membawa Napoli memimpin 2-0.

Bek senior Juve Leonardo Bonucci sebagai algojo ketiga berhasil menjalankan tugasnya. Demikian pula algojo ketiga Napoli Maksimovic. 3-1

Keberhasilan Aaron Ramsey sebagai penendang penalti keempat sempat memunculkan harapan bagi Juve untuk memperpanjang adu penalti. Namun Milik yang menjadi algojo keempat Napoli berhasil memasukkan bola untuk memastikan timnya menjuarai Piala Italia.

Susunan pemain:

Napoli: Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Nikola Maksimovic, Kalidou Koulibaly, Mario Rui (Elseid Hysaj 80'), Fabian Ruiz (Allan 80'), Diego Demme, Piotr Zielinski (Eljif Elmas 87'), Jose Callejon (Matteo Politano 66'), Dries Mertens (Arkadiusz Milik 66'), Lorenzo Insigne

Juventus: Gianluigi Buffon, Juan Cuadrado (Aaron Ramsey 84'), Matthijs De Ligt, Leonardo Bonucci, Alex Sandro, Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic (Federico Bernadeschi 73'), Blaise Matuidi, Douglas Costa (Danilo 65'), Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo

Load More