Rauhanda Riyantama
Gelandang muda Chelsea, Billy Gilmour, dalam pertandingan melawan Liverpool. (Daniel Leal-Olivas/AFP).

Bolatimes.com - Menteri Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden mengatakan pemerintah berencana menyalurkan siaran sejumlah pertandingan sepak bola ke kanal-kanal secara gratis. Hal tersebut dilakukan ketika kompetisi domestik mereka berlanjut setelah tertangguhkan sejak Maret karena pandemi virus corona.

Menurut Dowden, pemegang hak siar tetap dihormati, tetapi ada celah dari aturan yang selama ini melarang kanal gratis menyiarkan pertandingan pada Sabtu siang demi mendorong suporter ke stadion dan dalam situasi kekinian hal itu tak lagi relevan.

"Saya pikir itu membuka kesempatan bagi kami untuk membuat sejumlah pertandingan olahraga, termasuk Liga Primer Inggris, ke kanal gratis," ujar Dowden sebagaimana dikutip Antara dari Reuters, Kamis (21/5/2020) WIB.

Baca Juga:
Salut, Presiden Borneo FC Kuras Kantong Pribadi untuk Bayar Gaji Pemain

Gelandang Manchester United asal Brasil Fred (bahu hitam) kesulitan menembus ketatnya pertahanan Wolves, kedua tim bermain imbang 0-0 di laga babak ketiga Piala FA, Minggu (5/1/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP / Justin Tallis)

Mayoritas hak siar Liga Premier saat ini dimiliki oleh Sky --yang berada di bawah kepemilikan Comcast-- dan BT Sport, sedangkan Amazon juga mempunyai beberapa bagian di dalamnya.

Sky juga memiliki hak siar untuk kompetisi strata kedua hingga keempat serta Liga Premier Skotlandia, yang sudah diputuskan dihentikan.

"Pembicaraan berlangsung... bersama Liga Primer Inggris dan FA. Saya harap kami bisa menemukan solusi baik bersama," kata Dowden.

Baca Juga:
Girangnya Jurgen Klopp Bisa Kembali Pimpim Latihan Liverpool

Klub-klub Liga Primer Inggris pekan ini sudah mulai berlatih lagi dalam kelompok kecil di fasilitas tim, kendati ditemukan enam kasus positif corona di antara 748 sampel yang dites.

Liga Primer Inggris membidik bulan Juni sebagai waktu melanjutkan kompetisi musim 2019/20.

Baca Juga:
Taufik Hidayat Sebut Kemenpora Banyak 'Tikus', Ini Komentar Sesmenpora

Load More