Rauhanda Riyantama
Para pemain Manchester United merayakan gol Anthony Martial (tengah) pada laga Liga Inggris 2019/2020 kontra Chelsea di Stamford Bridge, London, Selasa (18/2/2020) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]

Bolatimes.com - Manchester United meraih kemenangan yang amat penting dalam usaha finis di posisi empat besar klasemen Liga Primer Inggris musim ini.

Melakoni super big match di pekan ke-26, Manchester United menjinakkant rumah Chelsea di Stamford Bridge, London, Selasa (18/2/2020) dini hari WIB.

Manchester United menang berkat gol Anthony Martial di penghujung babak pertama, serta gol Harry Maguire di pertengahan babak kedua.

Baca Juga:
Tak Juga Muncul di TC Timnas Senior, Ini Tugas Baru Indra Sjafri

Dengan kemenangan krusial ini, Man United kembali ke peringkat ketujuh klasemen sementara, setelah sebelumnya sempat melorot ke urutan kesembilan.

The Red Devils hanya terpaut tiga poin dari Chelsea yang tetap berada di peringkat keempat.

Dengan kekalahan ini sendiri, Chelsea kini hanya berjarak satu poin saja dari Tottenham Hotspur yang menguntit di peringkat kelima. 

Baca Juga:
Resmi, MNC Vision Networks Juga akan Siarkan Liga 1 2020

Jalannya Pertandingan

Kedua tim saling serang di 10 menit awal babak pertama, meski Man United tampak agak lebih sedikit menahan, dengan men-delay bola alias mencoba memainkan ball possession.

Tuan rumah sendiri mendapat kesialan pada menit ke-12. Gelandang andalan Chelsea, N'Golo Kante harus ditarik keluar karena cedera. Kante digantikan Mason Mount. 

Baca Juga:
Simak! Berikut Tujuh Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea Vs Man United

Well, tentu ini merupakan sebuah pukulan besar mengingat Chelsea akan menghadaoi Tottenham Hotspur, Bayern Munich, dan Liverpool di berbagai ajang setelah laga kontra Man United ini.

Setelah momen tersebut, Chelsea memiliki dua peluang bagus untuk mencetak gol. Namun, dua-duanya terbuang sia-sia karena buruknya penyelesaian akhir penyerang Michy Batshuayi.

Justru Man United yang malah berhasil mencuri gol. Di menit pamungkas waktu normal babak pertama, fullback Aaron Wan-Bissaka menampilkan permainan bagus di sisi kanan, sebelum mengirim crossing brilian ke tengah kotak penalti.

Bola kiriman tersebut berhasil dituntaskan Anthony Martial dengan tandukan cantik untuk menjadi gol, setelah sang penyerang memenangi duel udara melawan bek Chelsea Andreas Christensen.

Babak pertama pun berakhir dengan Man United unggul 1-0 atas Chelsea.

Memasuki paruh kedua, Chelsea langsung mengusung permainan cepat. Tim tuan rumah yang tertinggal 0-1 langsung tancap gas.

Serangan bergelombang dilancarkan, dengan dua peluang bagus didapat Pedro Rodriguez. Sayang, masih belum ada gol yang tercipta.

Chelsea sendiri sempat menyamakan kedudukan saat laga memasuki menit ke-55 melalui pemain pengganti, Kurt Zouma.

Sayang, gol bek yang menggantikan Christensen tersebut dianulir oleh wasit setelah mendapat input dari VAR. Sebelum terjadinya gol, kapten Chelsea Cesar Azpilicueta dianggap melakukan pelanggaran pada Brandon Williams.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Chelsea kembali kecolongan pada menit ke-66.

Man United menggandakan keunggulan mereka melalui sundulan keras Harry Maguire, memanfaatkan umpan sepak pojok cantik Bruno Fernandes. Unggul 2-0, tim tamu pun semakin di atas angin.

Sementara itu, Chelsea masih berupaya keras untuk setidaknya mampu memperkecil ketertinggalan mereka lebih dulu.

Pada menit ke-77, striker pengganti Chelsea, Olivier Giroud membuat Stamford Bridge bergemuruh setelah sundulannya berhasil masuk ke gawang Man United kawalan kiper David De Gea.

Sayang, lagi-lagi gol Chelsea dibatalkan VAR. Musababnya, ujung kaki Giroud berada dalam posisi offside. Tipis dan amat disayangkan memang, tapi menurut aturan, Giroud memang offside.

Chelsea tidak patah arang, tim tuan rumah terus membombardir lini pertahanan Man United. Namun, organisasi pertahanan Man United memang sangat baik kali ini, di mana Maguire dan Eric Bailly tampil begitu solid.

Hingga berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta. Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan Man United.

Susunan Pemain

Chelsea XI (4-3-3): Caballero; R. James, Christensen/Zouma, Rudiger, Azpilicueta; Kante/Mount, Jorginho, Kovacic; Willian, Batshuayi/Giroud, Pedro.

Pelatih: Frank Lampard (Inggris)

Manchester United XI (3-5-2): De Gea; Bailly, Maguire, Shaw; Wan-Bissaka, Fred, Matic, Williams; Bruno Fernandes/Dalot; James/Andreas, Martial/Ighalo.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)

Load More