Jum'at, 15 November 2019
Galih Priatmojo : Kamis, 31 Oktober 2019 | 09:00 WIB

Bolatimes.com - Menghadapi 10 pemain Genoa, Juventus harus susah payah untuk meraih kemenangan. Pada laga pekan ke-10 Serie A Liga Italia yang dihelat di Allianz Stadium, Kamis (31/10/2019) dini hari tersebut Si Nyonya Tua menang 2-1.

Gol Juventus dicetak oleh Leonardo Bonucci di menit 36 dan penalti Cristiano Ronaldo di penghujung laga, tepatnya di menit 90+6. Sementara gol Genoa dicetak oleh Christian Kouame di menit ke-40.

Dengan hasil ini, Juventus berhasil merebut Capolista dari Inter Milan yang sehari sebelumnya juga menang 2-1 di kandang Brescia. Nyonya Tua meraih 26 poin dari 10 pertandingan, hanya terpaut 1 poin dari Inter Milan di posisi kedua dengan raihan 25 angka.

Sementara Genoa berada di posisi 17 klasemen Serie A Liga Italia dengan 8 poin. Berselisih satu strip di atas tiga tim zona degradasi.

Jalannya pertandingan

Dalam pertandingan ini, tuan rumah menurunkan penjaga gawang gaek Gianluigi Buffon sebagai kiper. Sementara itu, di lini depan, Juve kembali menurunkan Cristiano Ronaldo berduet dengan Dybala.

Sejatinya Genoa bermain apik di laga kali ini, sayang anak asuh pelatih anyar Thiago Motta itu kurang beruntung. Bahkan mereka harus bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua usai Federico Cassata diganjar kartu merah karena kedapatan menarik baju Dybala.

Juventus sendiri bermain tak seperti biasa, tempo lamban diperlihatkan anak-anak asuh pelatih Maurizio Sarri. Meski demikian, dewi fortuna sepertinya masih menaungi Nyonya Tua. Gol pertama Juventus dicetak melalui sundulan Leonardo Bonucci di menit 36 usai memanfaatkan umpan sepak pojok.

Keunggulan Juventus hanya berjalan tak sampai 5 menit. Memasuki menit ke-40 Genoa berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Kouame sukses mencetak gol mengelabui kiper Buffon lewat tendangannya.

Memasuki babak kedua, Genoa masih bisa memberikan perlawanan. Beberapa kali Buffon dibuat berjibaku mengamankan gawangnya.

Para pemain Juventus merayakan kemenangan atas Genoa, Kamis (31/10/2019). [MARCO BERTORELLO / AFP]

Sayang, di tengah permainan bagus, Genoa harus bermain dengan 10 orang. Meski terlihat hanya pelanggaran biasa dengan menarik baju Dybala, wasit langsung memberikan kartu kuning kedua yang berarti kartu merah untuk Federico Cassata. Para pemain Genoa langsung memprotes, namun wasit tak bergeming.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan Juventus untuk menekan pertahanan Genoa. Namun kiper Ionut Radu bermain cemerlang di laga ini. Tembakan dan sundulan Ronaldo dihalaunya, begitu juga tendangan Dybala maupun Bernardeschi sukses dibloknya. Sang mega bintang bahkan sampai dibuat geleng-geleng kepala.

Mendekati menit 90, tepatnya di menit 87 giliran pemain Juventus yang diganjar kartu merah. Dia adalah Adrien Rabiot.

Di penghujung waktu, wasit memberikan tambahan waktu hingga 6 menit. Hal ini dimanfaatkan Juventus untuk mengurung pertahanan Genoa. Ronaldo sempat mencetak gol hingga membuat seisi stadion bergemuruh. Oh sayang, gol itu dibatalkan karena dari hasil rekam video VAR, sang mega bintang itu kedapatan lebih dahulu offside.

Ronaldo lagi!, pemain nasional Portugal itu benar-benar mencetak gol kemenangan di laga ini tepatnya di menit 90+6!. Gojekannya yang sempat terlihat diganjar oleh pemain Genoa membuat wasit menghadiahkan penalti. Ronaldo yang bertindak sebagai algojo sukses menyarangkan gol di sudut bawah kanan gawang Genoa. Juventus pun akhirnya menang 2-1.

Susunan pemain

Juventus: G. Buffon; Alex Sandro, D. Rugani, L. Bonucci, J. Cuadrado; B. Matuidi, R. Bentancur, S. Khedira; F. Bernardeschi; Cristiano Ronaldo, P. Dybala.

Genoa: I. Radu; P. Ankersen, C. Zapata, C. Romero, P. Ghiglione; F. Cassata, L. Schöne; C. Kouamé, K. Agudelo, G. Pandev; A. Pinamonti.