Galih Priatmojo
Manchester City juara Piala FA usai kalahkan Watford di partai final dengan skor 6-0, Sabtu (18/5/20190. The Citizens cetak rekor tim Inggris pertama yang raih treble winner selama semusim. [Daniel LEAL-OLIVAS / AFP]

Bolatimes.com - Manchester City sukses mengawinkan tiga gelar sekaligus di musim ini. Selain Piala Liga dan trofi Liga Primer Inggris, terbaru, The Citizens berhasil merebut trofi Piala FA usai menghajar Watford dengan skor 6-0 di Wembley, Sabtu (18/5/2019). Manchester City pun membukukan sejumlah rekor.

Pesta gol Manchester City dibuka oleh David Silva di menit 26. Memasuki menit 38, gawang The Hornets yang dikawal Heurelho Gomes kembali bergetar setelah bola yang dilepaskan Raheem Sterling tak terbendung.

Unggul dua gol di babak pertama, dominasi City semakin menjadi-jadi di babak kedua. Watford yang memang kalah kelas, tidak mampu berbuat banyak dalam menahan gempuran tim besutan Josep Guardiola.

Baca Juga:
Ganda Putra Nomor Satu Dunia Ini Buka Kemenangan Indonesia atas Inggris

Di menit 61, Kevin De Bruyne yang baru kembali dari bekapan cedera membawa City menjauh. Tujuh menit berselang, gol dari Gabriel Jesus yang mendapat sodoran bola dari De Bruyne, membuat City semakin perkasa dengan angka 4-0 terpampang di papan skor.

Pemain Manchester City rayakan kemenangan di final Piala FA kontra Watford yang berlangsung di Wembley, Sabtu (19/5/2019) [AFP]

Memasuki menit 81, Sterling kembali mencatatkan namanya di papan skor. Aksi winger lincah timnas Inggris itu berlanjut di menit 87. Mencetak gol ketiganya dalam laga ini, Sterling menutup pesta gol Manchester City di partai puncak Piala FA musim ini dengan enam gol tanpa balas.

Berhasil merebut Piala FA, City mengukir rekor dengan menjadi tim putra sepak bola Inggris pertama yang memborong tiga gelar domestik.

Baca Juga:
Berpeluang Ukir Sejarah Baru, Pelatih Man City Tak Ingin Jemawa

Sebagaimana diketahui, musim ini City sudah mengantongi dua gelar. Di bulan Februari, City membungkam Chelsea di final Piala Liga Inggris (Carabao Cup) dan pekan kemarin City berhasil mempertahankan gelar Liga Premier Inggris setelah unggul tipis satu poin dari Liverpool di akhir klasemen.

Selain rekor tersebut berikut sederet rekor yang berhasil ditorehkan anak asuhan Pep Guardiola

1. The Citizens jadi tim Inggris pertama yang sanggup memenangi 50 laga di berbagai kompetisi dalam semusim.

Baca Juga:
Pelatih Man City Sampaikan Pesan Khusus pada Kompany Jelang Lawan Watford

2. Gabriel Jesus menjadi pemain ketiga Manchester City yang mencetak lebih dari 20 gol dalam semusim, setelah Sergio Aguero dan Raheem Sterling. Terakhir kali ada tiga pemain atau lebih milik Manchester City yang melakukannya terjadi pada 2013-2014 (Aguero, Dzeko, Negredo, Toure).

3. Gol David Silva di menit ke-26 tak hanya jadi pembuka kemenangan City tetapi juga menandaik berakhirnya masa paceklik setelah 27 laga tanpa mencetak gol. Silva terakhir terakhir kali melakukannya ke gawang Southampton pada 30 Desember 2018.

4. Raheem Sterling cetak rekor sebagai pemain keempat yang bisa mencetak hat-trick di final Piala FA, setelah William Townley (Blackburn Rovers, 1890), Jimmy Logan (Notts County, 1894), dan Stan Mortensen (Blackpool, 1953).

Baca Juga:
Jelang Final Piala FA, Gelandang Watford Sebut Man City sebagai Tim Terbaik

Raheem Sterling cetak hat-trick di final Piala FA menghadapi Watford. Manchester City di laga itu menang 6-0, Sabtu (18/5/2019). [Glyn KIRK / AFP]

5. Raheem Sterling berkontribusi dalam 41 gol dari 51 pertandingan Manchester City di semua kompetisi (26 gol, 15 assist). Hanya Sergio Aguero yang lebih banyak berkontribusi pada musim ini (42 gol).

6. Raheem Sterling mencetak hat-trick pada tiga kompetisi berbeda selama musim ini. Selain itu, dia juga mampu melakukannya bersama tim nasional Inggris pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Load More