Rauhanda Riyantama | Andiarsa Nata
Penyerang Barcelona, Lionel Messi melepaskan tendangan ke gawang Sevilla pada 30 Januari 2019. (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Penyerang Barcelona, Lionel Messi baru-baru ini menjadi pemain pertama di liga top Eropa yang mampu menciptakan enam gol tendangan bebas dalam satu musim. Akan tetapi, torehan gol tendangan bebas Messi itu ternyata masih kalah lho dengan catatan milik Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi menciptakan catatan gemilang tersebut saat menyelamatkan muka Barcelona dari kekalahan atas Villarreal dalam laga lanjutan La Liga di Estadio de la Ceramica, Rabu (3/4/2019) dini hari WIB.

Saat Messi masuk pada menit 61, Barcelona bermain imbang 2-2 dengan Villarreal. Bahkan setelah itu tim tuan rumah mampu membalikkan keadaan menjadi 4-2.

Baca Juga:
Pelantun Someone Like You Kena Protes Netizen Usai Foto Berlatar Klub Ini

Lionel Messi saat melepaskan tendangan bebas ke gawang Villarreal pada 2 April 2019 (Jose Jordan/AFP)

Lionel Messi akhirnya memperkecil kedudukan menjadi 4-3 pada menit 90 lewat tendangan bebasnya. Berselang tiga menit, Luis Suarez menjadi penyelamat dengan menyamakan kedudukan menjadi 4-4.

Satu gol Messi yang dicetak lewat eksekusi bola mati itu pun menjadi rekor baru di Eropa. Ia merupakan pemain pertama yang mampu menciptakan enam gol tendangan bebas di liga top Eropa dalam satu musim, setelah tidak ada pemain yang mampu melakukan itu sejak 2006/2007.

Namun jika melihat jumlah gol yang dicetak Messi lewat tendangan bebas, catatan gol pemain berusia 31 tahun itu masih kalah dengan torehan gol milik Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:
Hasil Liga Primer Inggris, Tottenham Hotspur Jaga Asa di Tiga Besar

Cristiano Ronaldo saat melepaskan tendangan bebas ke gawang Maroko di Piala Dunia 2018 pada 20 Juni 2018 (Fadel Senna/AFP)

Menurut laporan Metro, Lionel Messi telah mencetak 47 gol lewat lewat tendangan bebas kaki kiri salama kariernya. Dengan rincian, 41 gol di antaranya dicetak bersama Barcelona dan enam sisanya bersama Timnas Argentina.

Adapun gol tendangan bebas pertama Messi tercipta pada tahun 2008. Saat itu tendangan bebas pemain yang berjuluk La Pulga tersebut membantu Barcelona menghantam Atletico Madrid dengan skor 6-1 di Camp Nou.

Sedangkan catatan gol tendangan bebas milik Cristiano Ronaldo mencapai 53 gol. Dengan rincian, 13 gol dicetak bersama Mancehster United, 32 bersama Real Madrid, dan delapan bersama Timnas Portugal.

Baca Juga:
Balik Bela Inter Milan, Mauro Icardi Langsung Persembahkan Gol

Sementara di Serie A, Ronaldo belum mencetak gol lewat tendangan bebas untuk Juventus sejak memilih hengkang dari Real Madrid pada awal musim panas kemarin.

Load More