Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Para pemain Barcelona merayakan gol Carles Alena ke gawang Villarreal pada 2 Desember 2018 (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Pertandingan antara Barcelona verus Girona dalam lanjutan La Liga Spanyol musim 2018/2019 yang diagendakan berlaga di Amerika Serikat terancam batal.

Sebelumnya, La Liga berencana menggelar laga Barcelona kontra Girona di Stadion Hard Rock, Miami, Amerika Serikat, Januari 2019. Andai terlaksana, ini akan menjadi laga La Liga perdana yang digelar di luar Spanyol.

Namun, rencana yang digagas La Liga bersama perusahaan Amerika Serikat, Relevant Sports itu terancam batal karena pihak Barcelona enggan memainkan laga tersebut dengan alasan minimnya dukungan.

Baca Juga:
Laga Piala Indonesia PS Tira vs PSIM Yogyakarta Berakhir Rusuh

''Dewan direksi Barcelona telah sepakat untuk menarik diri terkait pertandingan melawan Girona di Miami, setelah mencatat kurangnya dukungan atas rencana ini,'' bunyi pernyataan Barcelona dilansir dari situs resmi klub.

''Barcelona tetap bersedia untuk memainkan pertadingan La Liga di Miami, jika pendapatan dari pertandingan akan dibagi ke semua tim Divisi Primera dan Divisi Segunda, mengikuti kriteria yang sama dari pembagian uang hak siar televisi. Tapi kami menganggap bahwa proyek ini tidak akan berhasil jika tak ada kesepakatan antara semua pihak,'' lanjutnya menutup.

Pernyataan Barcelona pun mendapat tanggapan dari pihak La Liga. La Liga selaku pengurus kompetisi sepak bola negeri Matador itu menegaskan akan tetap melanjutkan rencana menghelat pertandingan La Liga di luar Spanyol. Meskipun itu bukan laga Barcelona versus Girona di Miami.

Baca Juga:
Rotasi, Barcelona Cuma Bawa 19 untuk Hadapi Tottenham

''Dari La Liga kami ingin mengucapkan selamat kepada Barcelona dan Girona atas kesediaan mereka untuk menjadi pionir dalam niat sukarela mereka untuk memainkan pertandingan La Liga di luar Spanyol,'' rilis pernyataan La Liga, dilansir dari Fourfourtwo.

''Proyek La Liga dengan Relevent Sport, yang ditandatangani selama 15 tahun, terus berlanjut. Dari saat pertama kami diumumkan bahwa partisipasi dalam laga ini bersifat sukarela dan jika Barcelona menyatakan keinginannya tak melakoni laga ini, maka laga yang dijadwalkan berlangsung di Miami ini tidak akan diadakan seperti pada tanggal yang disepakati,'' lanjutnya.

''Dari La Liga kami menyesal, karena tak bisa menyenangkan semua pihak, kekecewaan mungkin dirasakan oleh fans kami di Amerika Serikat. Kami ingin menyampaikan kepada mereka semua bahwa, dalam waktu sesingkat mungkin, La Liga akan memainkan pertandingan resmi di Amerika Serikat , seperti liga-liga besar Amerika (NBA, NFL, MLB, NHL) di luar perbatasan mereka,'' imbuh La Liga.

Baca Juga:
Prediksi Didier Drogba untuk Final Piala AFF, Malaysia vs Vietnam

''La Liga tetap akan melanjutkan rencana menggelar laga di luar Spanyol, meskipun kami harus tetap melakukan tindakan pencegahan mengacu pada pengunduruan diri di laga yang seharusnya terlaksana pada 26 Januari,'' tuturnya menutup.

Load More