Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menyemangati para pemainnya saat melawan Burnley pada 20 Oktober 2018 (Lindsey Parnaby/AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menunjukkan simpatinya kepada Julen Lopetegui yang baru saja dipecat dari kursi pelatih Real Madrid. Guardiola menyebut peristiwa ini memang hal yang wajar terjadi di sepak bola. Ia pun mendoakan Lopetegui mendapatkan yang terbaik dalam kariernya.

Real Madrid sacara resmi telah memutus kerjasamanya dengan Julen Lopetegui pada Selasa (30/10/2018) WIB. Keputusan tersebut diambil setelah Los Blancos kalah telak dari Barcelona dalam laga yang bertajuk El Clasico pada Minggu (28/10/2018).

Sejak mengambil alih Real Madrid selepas ditinggal oleh Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo, pelatih asal Spanyol itu gagal meningkatkan performa Los Blancos. Real Madrid justru mengalami penurunan performa dengan hasil buruk di beberapa laga terakhirnya di La Liga.

Baca Juga:
Presenter Olahraga Cantik Ini Mengaku Lion Air JT 610 Bermasalah

Kondisi ini nampaknya membuat jajaran petinggi Real Madrid tak bisa memberikan kesempatan lagi kepada Julen Lopetegui dan memutuskan untuk memecatnya. Kini, posisi Lopetegui digantikan sementara oleh pelatih tim B Real Madrid, Santiago Solari.

Kebersamaan Julen Lopetegui dan Pep Guardiola saat pertemuan Porto dengan Bayern Munchen pada 21 April 2015 (Guenter Schiffmann/AFP)

Pemecatan Julen Lopetegui ini pun menimbulkan simpati kepada mantan rekannya dulu, Pep Guardiola yang sama-sama pernah membela Barcelona. Guardiola turut menyayangkan apa yang menimpa Lopetegui tersebut.

Eks pelatih Barcelona itu mengaku peristiwa ini memang hal yang wajar terjadi di sepak bola. Guardiola juga mengatakan jika dirinya tidak memenangkan pertandingan, nasibnya bisa saja sama seperti Julen Lopetegui.

Baca Juga:
Pelatih Persija Jakarta Beberkan Pemainnya Takut Naik Pesawat

''Sepak bola yang saya tahu seperti ini. Kami masih di sini karena kami memenangkan pertandingan, jika kami tidak menang, kami akan dipecat,'' ucap Pep Guardiola seperti yang dikutip dari Metro.

''Saya menyesal atas apa yang menimpa Julen karena dia adalah teman saya. Dia sosok yang luar biasa. Kami bermain bersama di Barcelona dan memiliki hubungan yang luar biasa. Saya ingin menghubunginya dalam beberapa hari ke depan,'' tuturnya.

Lebih lanjut, Pep Guardiola mendoakan yang terbaik kepada rekannya itu. Guardiola meyakini jika Lopetegui akan mempunyai kesempatan lain untuk membuktikan kemampuannya.

Baca Juga:
Lopetegui Jadi Pelatih Ketiga Paling Singkat Latih Real Madrid

"Anda bisa saja menang atau tidak punya kesempatan untuk lanjut. Tapi dalam sepakbola, Anda akan memiliki kesempatan lain. Julen akan memiliki kesempatan itu untuk menunjukkan kemampuannya, seperti yang dilakukannya dengan Porto dan tim nasional Spanyol. Saya berharap yang terbaik untuknya, tentu saja,'' pungkas Guardiola.

Load More