Dinar Surya Oktarini | Irwan Febri Rialdi
Pemain Barcelona, Luis Suarez, Lionel Messi, dan Ousmane Dembele merayakan gol ke gawang Real Sociedad (AFP)

Bolatimes.com - Klub raksasa La Liga, Barcelona telah mengumumkan bahwa mereka telah memiliki logo baru yang akan digunakan mulai musim 2019/2020. Tujuannya yakni untuk beradaptasi dengan era modern.

''Barcelona akan mengganti logo klub untuk beradaptasi dengan dunia modern. Kali terakhir kami melakukan perubahan logo adalah pada 2002, setelah itu banyak sekali perubahan di sekitar kami, yaitu konteks, masyarakat dan teknologi. Karena itu, kami merasa perlu melakukan perubahan logo klub,'' rilis laman resmi Barca, Kamis (29/9/2018).

''Logo yang baru akan mempertahankan elemen tradisi dan sejarah klub. Warna dari logo tersebut bakal lebih terang dan gambar bola akan lebih berada di tengah. Dasarnya, bentuk logo tersebut sama, tapi kami tak akan menyertakan akronim FCB dan garis hitam sebagai garis pinggir. Logo baru ini akan terlihat lebih terang,'' jelasnya.

Baca Juga:
Sikap Barcelona Menyakiti Perasaan Pemain Leganes

Logo baru Barcelona dibuat lebih simpel dengan menghilangkan huruf 'FCB' yang semula berada di tengah. Kemudian, garis vertikal biru-merah di bagian bawah dikurangi dan menambahi garis pinggir berwarna hitam di setiap sisinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut detail lengkap perubahan logo baru Barcelona:

  • Bentuk perisai tetap sama seperti logo sebelumnya
  • Insial klub FCB dihilangkan
  • Jumlah belang biru merah berkurang dari tujuh menjadi lima
  • Bola digeser menjadi lebih ke tengah
  • Garis berwarna hitam di bagian dalam dihilangkan
  • Berwarna lebih cerah.

Keputusan membuat logo baru sejatinya bukanlah hal baru bagi Barcelona. Sejak berdiri pada 1899, raksasa Catalan telah berganti logo sebanyak 11 kali. Terakhir kali ada pembaruan logo terjadi pada 2002, itu menjadi logo yang digunakan sampai sekarang ini.

Baca Juga:
VAR Akan Dipakai di Liga Champions Musim 2019/2020

Selain Barcelona, pergantian logo juga dilakukan oleh klub besar lainnya seperti Manchester City, Chelsea, Manchester United, dan Juventus.

Load More