Stephanus Aranditio
Pelatih Arsene Wenger disambut di Liberia (AP)

Bolatimes.com - Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger mendapatkan gelar kehormatan dari Presiden Liberia yang juga legenda sepak bola Liberia George Weah.

Pelatih yang sudah memimpin Arsenal selama 32 tahun itu diberi gelar  Knight Grand Commander of the Humane Order of African Redemption pada 24 Agustus 2018.

Kedatangan Wenger di bandara internasional di Harbel, 52km dari ibu kota Liberia, Monrovia, disambut oleh menteri pemuda dan olahraga Liberia, Zoegar Wilson.

Baca Juga:
3 Kapten Tim Terbaik Sepanjang Masa, Cristiano Ronaldo Lewat

Namun, pemberian gelar ini mendapatkan kritik dari beberapa rakyat Liberia yang menilai Presiden George Weah memberikan gelar tersebut kepada Arsene Wenger dengan alasan personal mengingat Wenger tak punya rekam jejak yang besar untuk negara Liberia.

George Weah dan Arsene Wenger 1988 (Zambia)

Sebagaimana diketahui, Arsene Wenger adalah pelatih pertama bagi George Weah saat menginjakkan kaki di tanah Eropa bersama Monaco pada 1988.

Selama empat musim di Monaco, ia tampil impresif dengan mencetak 32 gol dari 67 pertandingan, ia kemudian dibeli Paris Saint Germain pada 1992 dengan mahar 6 juta euro. Pada 1995 ia menjadi pemain Afrika pertama yang meraih Ballon d'Or saat berseragam AC Milan.

Baca Juga:
Mantan Pelatih Timnas Italia Jagokan AC Milan Raih Scudetto

Dilansir dari BBC, Menteri Informasi Liberia Eugene Nagbe mengatakan menampik tudingan gelar tersebut diberikan dengan alasan personal.

Menurutnya pemerintah memberikan gelar itu tidak hanya tentang hubungan pribadi Weah dengan Wenger, tetapi juga merupakan cara untuk mengakui bahwa Wenger telah berkontribusi terhadap olahraga di Afrika dan telah memberi banyak peluang bagi orang Afrika.

Baca Juga:
Miris, Mantan Penggawa Persib Bandung Ini Dinyatakan Bangkrut

Load More