Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Gary Neville (Filippo Monteforte/AFP)

Bolatimes.com - Legenda Manchester United, Gary Neville memberikan sebuah pembelaan kepada pelatih Jose Mourinho. Menurut Neville, Mourinho harus bekerja keras untuk membangun skuat Setan Merah karena kesalahan Louis Van Gaal.

Semenjak pelatih yang memberikan banyak trofi untuk Manchester United, yakni Sir Alex Ferguson pensiun. Klub Setan Merah menunjukkan grafik menurun baik soal performa maupun prestasi. Mereka belum meraih trofi Liga Inggris sejak tahun 2013. Bersamaan dengan itu juga, Manchester United telah beberapa kali mengalami pergantian pelatih.

Terhitung, Manchester United telah tiga kali mengalami pergantian pelaith. Sejak Ferguson memutuskan pensiun, David Moyes dan Louis Van Gaal pernah menukangi Manchester United.

Baca Juga:
Pemain Bergaji Tinggi di Chelsea Ini Bermula Sebagai Pemulung

Namun, Jose Mourinho dianggap pelatih ketiga yang merupakan pelatih terbaik mereka sejauh ini. Mourinho mampu membawa Manchester United finis di posisi runner-up Liga Primer Inggris musim lalu.

Gary Neville pun percaya, minimnya gelar di masa kepelatihan Jose Mourinho ini bukan karena sepenuhnya salah Mourinho. Turunnya performa Manchester United dinilai karena kesalahan di era Louis Van Gaal.

Jose Mourinho (Oli Scarff/AFP)

Pria berusia 43 tahun ini menganggap pembelian pemain di era Van Gaal yang menghabiskan banyak biaya itu merupakan pembelian buruk. Sehingga membuat Mourinho harus menjual banyak pemain untuk merombak skuatnya.

Baca Juga:
Lionel Messi Keluar Sementara dari Timnas Argentina

"Klub ini sudah menghabiskan sekitar 700 juta poundsterling setelah Sir Alex Ferguson pensiun dan itu adalah jumlah yang besar. Jika anda mengatakan kepada saya enam tahun lalu saat United menjadi juara Liga bahwa mereka akan menghabiskan 700 juta pounds dalam beberapa tahun setelahnya, maka saya akan bilang bahwa mereka akan memenangkan banyak gelar," terang Neville dikutip dari Sky Sports.

"Namun kenyataannya tidak demikian. Anda harus ingat bahwa betul Jose Mourinho menghabiskan banyak uang, namun pembelian-pembelian Louis van Gaal begitu buruk sehingga Jose harus menendang sekitar 7-10 pemain dan mencari penggantinya," tambahnya.

Manchester United merayakan gol ke gawang Leicester City ( @ChampionsLeague/Twitter)

Gary Neville pun menjelaskan bahwa Mourinho masih memiliki waktu untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi di masa lalu. Mantan kapten Manchester United ini juga menambahkan bahwa ia menyukai pembelian pemain yang dilakukan oleh Jose Mourinho.

Baca Juga:
Inilah Tampilan Anyar Cristiano Ronaldo di Gim FIFA19

"Dia (Mourinho) baru berada di klub ini dua tahun, bukannya 15 tahun. Jadi bagi saya masih ada ruang baginya untuk berinvestasi pada tim ini dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di tiga atau empat tahun terakhir," tutur Neville.

"Saya sebenarnya sangat suka pembelian-pembelian yang dilakukan Jose Mourinho. Mereka semua memiliki profil yang sangat cocok untuk tim ini," pungkasnya.

Baca Juga:
Maurizio Sarri Datang, Aturan Conte untuk Skuat Chelsea Dirombak

Load More