Stephanus Aranditio
Teknologi VAR/net

Bolatimes.com - Penggunaan Video Assistand Referee (VAR) semakin menjadi perdebatan sepanjang Piala Dunia 2018, VAR sendiri sudah satu musim digunakan oleh Serie A di musim 2017/18.

Musim 2018/19, ada sedikit perubahan dalam penggunaan VAR di Serie A. Jika musim lalu, VAR hanya bisa dilihat oleh wasit dalam menentukan keputusan, kini VAR akan ditayangkan di layar besar stadion agar bisa disaksikan oleh semua orang di stadion itu.

VAR baru akan ditayangkan setelah wasit mengambil keputusan agar para pemain, pelatih, ofisial, perangkat pertandingan, hingga penonton dapat melihat langsung keputusan wasit sudah benar atau tidak.

Baca Juga:
Susul Paolo Maldini, Kaka Kembali ke AC Milan

"Jelang bergulirnya musim baru, hari ini Lega Serie A mengumumkan aturan di stadion termasuk ketentuan baru VAR, yang ada pembaruan dari sistem lama, yaitu video bisa ditayangkan di layar-layar (yang ada di dalam stadion). Itu termasuk semua gambar yang disiarkan oleh televisi," tulis peraturan itu dilansir Bolatimes.com dari Calciomercato. 

"Video pengulangan itu hanya bisa ditampilkan hanya setelah wasit memastikan bahwa harus menggunakan VAR dalam mengambil keputusan, pun hanya diputar ketika laga sedang berhenti."

VAR/twitter

Dalam peraturan tersebut, tayangan yang ditampilkan di layar besar di stadion hanya ditampilkan sekali dak tidak dalam versi gerak lambat seperti apa yang bisa dilihat penonton televisi.

Baca Juga:
Neymar Adalah Masalah Timnas Brasil di Piala Dunia 2018

Peraturan ini menjawab kekecewaan beberapa orang di Italia yang kecewa tidak bisa melihat secara langsung video tayangan ulang seperti apa yang wasit lihat.

Load More