Agung Pratnyawan | Andiarsa Nata
Manchester City juara Liga Primer Inggris musim 2017/2018. (Sumber: Twitter/@mancity).

Bolatimes.com - Penampilan impresif yang ditunjukkan anak asuh Pep Guardiola pada musim 2017/2018 membuatnya berhasil merengkuh trofi Liga Premier. Menyambut musim 2018/2019 ini, apakah The Citizens mampu mempertahankan gelar tersebut?

Manchester City menjuarai Liga Premier musim lalu dengan menorehkan 100 poin, raihan poin tersebut memiliki selisih 19 poin dengan rival seibu kotanya, yakni Manchester United yang finis di posisi runner-up.

Tim besutan Pep Guardiola sendiri memecahkan rekor pada musim 2017/2018 tersebut dengan mencatatkan 32 kali kemenangan, 4 kali seri, dan 2 kali kalah. Angka kemenangan tersebut merupakan angka terbanyak yang diraih dalam sejarah Liga Premier.

Baca Juga:
AS Roma Akan Maafkan Barcelona Jika Serahkan Lionel Messi

Keberhasilan Manchester City menjuarai Liga Premier tidak terlepas dari peran sang juru taktik, Pep Guardiola. Sejak datang ke Inggris pada tahun 2016, mantan pelatih Bayern Munchen itu berhasil membentuk skuat terbaiknya.

Kini memasuki musim 2018/2019, banyak yang mempertanyakan apakah Manchester City mampu mempertahankan gelar Liga Premier?

Berdasarkan Sportskeeda, setidaknya ada 3 faktor mengapa The Citizens akan mampu mempertahankan gelar kasta tertinggi Liga negeri Ratu Elizabeth tersebut:

Baca Juga:
Video - Skill Gila Lisa Zimouche Permalukan Pemain Akademi PSG

1. Skuat Utama Manchester City

manchester city/twitter

Skuat utama City diisi oleh barisan pemain yang memiliki talenta luar biasa. Keberhasilan mereka pada musim lalu adalah karena skuat utama mereka bermain apik.

Dengan gabungan pemain senior seperti Sergio Aguero dan beberapa pemain muda, diprediksi akan memiliki peran penting dalam menyambut musim 2018/2019 yang akan datang.

Baca Juga:
Kondisi Semakin Membaik, Ferguson Akan Kembali Saksikan Laga MU

2. Pelatih Pep Guardiola

Pep Guardiola memberikan instruksi kepada para pemain Manchester City (Daily Mail)

Pep Guardiola adalah pelatih yang terkenal dengan segudang prestasi. Klub seperti Barcelona dan Bayern Munchen adalah klub yang pernah merasakan kehebatan dari pelatih berusia 47 tahun tersebut.

Meski karirnya di Manchester City sempat tidak berjalan dengan mulus karena City pernah finis di tempat ketiga. Namun ia berhasil membuktikan kehebatannya dan membawa The Citizens mendominasi pada musim lalu.

Baca Juga:
Rekap Paruh Musim Liga 1 2018 - Persib Juara, Barito Paling Tajam

Keberhasilan Guardiola terletak pada taktik yang ia terapkan. Guardiola mampu memaksimalkan kemampuan yang dimiliki oleh semua pemain.

3. Pemain Muda Manchester City

Sane berhasil mengantarkan Manchester City merengkuh gelar juara Premier League musim 2017/2018.

Sergio Aguero, David Silva, dan Vincent Kompany adalah 3 pilar yang menopang City pada musim lalu. Kendati demikian, 3 pemain itu juga dibantu oleh beberapa pemain muda yang tampil gemilang pada keberhasilan City.

Sebut saja pemain seperti Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, Leroy Sane, Raheem Sterling, dan John Stones adalah beberapa pemain muda yang tampil apik pada musim lalu.

Kemungkinan besar mereka juga akan menjadi pemain penting pada musim mendatang. Tak heran jika Manchester City tidak merubah susunan pemainnya karena mereka masih bisa berkembang.

Load More