Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
ronaldo/instagram

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo resmi meninggalkan Juventus. Real Madrid telah menyepakati nominal transfer 105 juta euro atau sekitar Rp 1,76 triliun. Terkait kepindahan tersebut, Manchester United yang tak memiliki klausul apapun akan tetap menerima jatah dari Los Blancos.

Lantas dari mana jatah untuk Manchester United?

Ya, raksasa Inggris itu mendapat untung transfer Ronaldo berkat regulasi dari FIFA. Dalam aturan FIFA, terdapat aturan mekanisme solidaritas, yakni klub yang berjasa atas pendidikan dan pelatihan pemain di usia tertentu akan mendapat jatah sebagai kontribusi solidaritas.

Baca Juga:
3 Mantan Pemain Kelas Dunia Siap Ramaikan Liga Jepang

"Jika seorang profesional ditransfer sebelum kontraknya berakhir, klub mana pun yang telah berkontribusi pada pendidikan dan pelatihannya akan menerima bagian dari kompensasi yang dibayarkan ke mantan klubnya (kontribusi solidaritas). "

Mengenai besaran nominalnya, klub menerima 0,5 persen dari biaya transfer keseluruhan jika mengontrak pemain dari usia 18 hingga 23 tahun.

Aturan kontribusi solidaritas FIFA. (Sumber: Mirror).

Cristiano Ronaldo sendiri bergabung Manchester United pada 2003/2004. Saat itu usia pemain berkebangsaan Portugal tersebut adalah 18 tahun. Baru saat Ronaldo mulai matang di usia 23, ia pindah ke Real Madrid.

Baca Juga:
Inilah Isi Surat Perpisahan Cristiano Ronaldo untuk Real Madrid

manchester united/twitter

Lantaran alasan itulah, skuat Setan Merah akan menerima sekitar 3 juta poundsterling atau Rp 57 miliar dari transfer 105 juta poundsterling Ronaldo ke Juventus.

Sementara Sporting Lisbon, klub pertama Ronaldo juga akan mendapat jatah. Klub asal Portugal itu akan mengantongi 2 juta poundsterling atau berkisar Rp 38 miliar.

Baca Juga:
Egy Dipastikan Perkuat Timnas U-19 Hadapi Semifinal AFF U-19

Load More