Rizki Nurmansyah
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saling bersalaman saat malam penghargaan The Best FIFA Men's Player di London Palladium, Inggris, Senin (23/10/2017). [AFP/Ben Stansall]

Bolatimes.com - Berbicara tentang kompetisi La Liga Spanyol saat ini, pastinya tak akan pernah bisa lepas dari dua hal. Pertama persaingan Real Madrid dan Barcelona. Selanjutnya adalah antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Kedua hal ini tak ubahnya seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan pada dewasa ini.

Duel antara Real Madrid dan Barcelona menjadi yang salah satu pertandingan olahraga yang paling dinanti di jagat raya. Rivalitas kedua klub tidak hanya semata soal sepakbola.

Pemain Barcelona Lionel Messi (tengah) melewati tiga pemain Real Madrid [AFP]

Namun juga mengacu pada tensi politik dan budaya di masa lampau yang berbeda satu sama lain.

Tak salah jika laga Real Madrid kontra Barcelona kerap disebut dengan istilah "El Clasico", karena didalamnya turut tercampur-baur sejarah klasik rivalitas olahraga, politik, dan budaya antara kedua klub dan kota di masa lalu.

Persaingan kedua klub bahkan turut merembet ke level pemain. Tak heran makanya bila pertemuan kedua tim kerap diwarani aura ‘panas’ antar pemain.

Cristiano Ronaldo mengadang laju Lionel Messi. [AFP]

Di era sekarang ini, yang paling menjadi sorotan di level pemain, tidak lain dan tidak bukan adalah antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Keduanya disebut-sebut sebagai pesepakbola nomor wahid di kolong langit saat ini. Sangat susah sekali menentukan yang benar-benar terbaik diantara yang terbaik diantara mereka.

Pro kontra siapa yang terbaik antara Ronaldo dan Messi tak juga berujung hingga detik ini.

Kolase foto Cristiano Ronaldo - Lionel Messi pamer jersey di el clasico [AFP]

Terakhir kali Ronaldo memang berhasil mengungguli Messi dalam hal penghargaan individual Pemain Terbaik Dunia yang diselenggarakan otoritas tertinggi sepakbola dunia, FIFA.

Tercatat, Ronaldo dua tahun berturut-turut menyabet trofi bergengsi tersebut—2016 dan 2017. Kedua pemain pun sama-sama telah mengoleksi lima penghargaan ini: Messi (2009, 2010, 2011, 2012, 2015) dan Ronaldo (2008, 2013, 2014, 2016, 2017)

Dari segi produktivitas gol, ketajaman keduanya tidak perlu disangsikan lagi. Total, sejak rivalitasnya dengan Ronaldo dimulai pada musim 2009/10, setelah Ronaldo pindah dari Manchester United ke Real Madrid, Messi telah membukukan 459 gol dari 463 pertandingan bersama Barcelona di semua kompetisi sampai sekarang ini.

Produktivitas Gol Lionel Messi

Sementara, Ronaldo sedikit kalah dalam hal kesuburan dibanding Messi. Total, dari 428 laga yang telah dijalaninya bersama Los Blancos hingga saat ini, Ronaldo telah mencetak 439 gol.

Meski kalah dalam hal produktivitas gol, namun Ronaldo unggul lebih baik dari Messi dalam hal rasio gol per pertandingan.

Produktivitas Gol Cristiano Ronaldo

Tercatat, rasio rata-rata gol Ronaldo adalah 1,03 gol per pertandingan. Sedangkan, Messi terpaut tipis 0,04 atau rasio rata-rata golnya sebesar 0,99 gol per pertandingan.

Jadi, keduanya saling ‘mengalahkan’ dalam hal produktivitas dan rasio rata-rata gol per pertandingan.

Load More