Irwan Febri Rialdi
Kritik terhadap ucapan bernada seksisme komentator sepak bola (Twitter @AlionelMessi_ dan @ernestprakasa).

Bolatimes.com - Komentator Liga 1 2020, Rama Sugianto, mendadak viral di media sosial. Hal itu tidak lepas karena ucapan pelecehannya terhadap suporter perempuan saat sedang memandu pertandingan Persita Tangerang melawan PSM Makassar, Jumat (6/3/2020).

 "Sementara kita lihat, ini dia, saya melihat ada sesuatu yang menonjol tapi bukan bakat. Ada yang besar tapi bukan harapan," kata Rama Sugianto saat kamera menyoroti suporter perempuan.

Akun Twitter @AlionelMessi_ mengkritik ucapan dua komentator tersebut. Dalam unggahannya, akun @AlionelMessi_ menulis, "Sangat tidak pantas komentar macam begini!"

Baca Juga:
Kritik Pemain Timnas, Shin Tae-yong Sebut Mereka Cuma Kuat Main 20 Menit

Ucapan seksisme komentator Liga 1 itu juga dikritik oleh sutradara dan komedian Ernest Prakasa.

"Komentator TV dengan ucapan sekelas alay Instagram. Memalukan," cuit Ernest, Minggu (8/3/2020).

Namun, kini ia sudah menyadari kesalahannya dengan mengucapkan permintaan maaf. Ia berjanji tidak akan melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari. Permintaan maaf itu disampaikan melalui video yang diunggah ke akun Instagram pribaginya, @rama_sugianto, pada Minggu (8/3/2020).

Baca Juga:
Timnas Indonesia Tetap Gelar TC meski Kualifikasi Piala Dunia Dibatalkan

Dalam video itu, Rama berkata, "Buat teman-teman semua, saya Rama Sugianto, saya ingin ngucapin minta maaf yang sebesar-besarnya atas segala khilaf saya. Atas segala salah saya. Dan terima kasih sekali lagi buat teman-teman yang sudah memberikan masukan, sudah memberikan kritik yang membangun. Insya Allah ini tidak akan terjadi lagi di masa yang akan datang".

Rama juga mengucapkan permintaan maaf kepada para suporter wanita dari klub yang dikomentarinya.

"Sekali saya mohon maaf, dari hati saya yang terdalam saya minta maaf untuk segala kesalahan yang sudah saya perbuat. Khususnya saya ingin minta maaf kepada bidadari tribun dari Persita Tangerang dan minta maaf untuk seluruh pecinta sepak bola di Indonesia," kata Rama.

Baca Juga:
Istri Eks Timnas Inggris Ini Lakukan Operasi Vagina Demi Tetap 'Menggoda'

Permintaan maaf komentator Liga 1 yang lecehkan suporter perempuan (Twitter/@ochannelupdates dan Instagram @rama_sugianto)

Bahkan stasiun televisi swasta yang menyiarkan pertandingan dimana Rama melontarkan lelucon kotor seksual juga telah meminta maaf.

O Channel TV melalui akun Twitter-nya mengunggah permintaan maaf tersebut, Minggu (8/3).

"Permintaan maaf kami, manajemen OChannel, sehubungan dengan tayangan Shopee Liga 1 dimana terdapat ucapan komentator pertandingan yang kurang pada tempatnya," tulis @ochannelupdates, seperti dikutip Suara.com.

Baca Juga:
Resmi, 3 Laga Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Ditunda akibat Corona

Dalam permintaan maaf itu, manajemen OChannel juga telah memberikan peringatan dan sanksi tegas kepada Rama. Mereka juga meminta Rama untuk secara langsung menyampaikan permintaan maaf.

Penulis: Rifan Aditya

Load More