Irwan Febri
Shin Tae-yong mendapat sorotan dari media Korea Selatan usai berhasil cetak sejarah baru dengan membawa Timnas lolos 16 besar ke Piala Asia 2023

Bolatimes.com - Shin Tae-yong diketahui baru saja menjalani operasi radang selaput dada di Korea Selatan. Kondisinya saat ini dikabarkan stabil dan telah sehat.

Sebelumnya, Shin Tae-yong dikabarkan tengah dalam kondisi yang menurun kesehatannya setelah mengantarkan timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dikutip Suara.com dari media Korea Selatan, Sport Chosun, Shin Tae-yong didiagnosis menderita Pleurisy atau Pleuritis atau radang selaput dada. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada selaput tipis yang melapisi paru-paru dan dinding dada.

Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga mengatakan jika Shin Tae-yong akan kembali ke Indonesia jika kondisinya sudah sehat. Saat ini Shin Tae-yong masih dalam pemulihan.

Shin Tae-yong menjalani operasi pada 15 Juni 2024 lalu. Operasinya memakan waktu selama 6 jam yang membuatnya kini kehilangan berat badan hingga 5 kg.

Sebetulnya kondisi Shin Tae-yong dikabarkan sudah menurun sebelum Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Juni lalu.

Ia sempat dilarikan ke rumah sakit karena flu dan batuk. Setelah mengantarkan Indonesia lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Shin lalu pulang ke Korea untuk menjalani pengobatan.

Bukan kali ini saja Shin harus menjalani perawatan karena sakit. Pada 2021 lalu, eks pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu sempat dibawa pulang ke Korea Selatan menggunakan ambulans udara. 

Kini, kondisi Shin Tae-yong berangsur pulih. Sebelum kembali ke Indonesia pasca operasi, Shin Tae-yong menghadiri acara peresmian taman sepak bola dengan namanya di kampung halamannya, Yeongdeok.

Dalam acara tersebut, Shin Tae-yong mengajak serta ibunya yang kini berusia 80 tahun, sang istri, dan kerabat-kerabat dekatnya termasuk stafnya di Timnas Indonesia.

Fokus Shin Tae-yong akan kembali ke Timnas Indonesia yang harus menjalani laga-laga berat di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mulai September mendatang.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More