Kurnia Hartadi
Skuad Timnas Indonesia. (PSSI).

Bolatimes.com - Sesuai regulasi FIFA, Timnas Indonesia tidak akan mengalami pengurangan poin meskipun menelan kekalahan dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sebaliknya, jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Australia pada laga tersebut, Timnas berhak mendapat tambahan poin FIFA.

Hal ini dikarenakan untuk fase knockout turnamen resmi FIFA seperti Piala Dunia dan Piala Continental (termasuk Piala Asia) tidak dikurangi poin FIFA-nya jika suatu tim mengalami kekalahan.

Baca Juga:
Skenario Shin Tae-yong Bidik Kemenangan Lawan Australia, Berharap Bertemu Korea Selatan di Perempat Final

Namun jika tim tersebut mendapatkan kemenangan, maka tim tersebut akan mendapatkan tambahan poin.

Diketahui, saat ini Timnas Indonesia menempati peringkat ke-142 di ranking FIFA setelah pada laga terakhir mengalami kekalahan dari Jepang.

Indonesia naik 4 tangga dari sebelumnya yang berada di ranking 146 dunia, ranking Indonesia naik signifikan setelah berhasil mengalahkan Vietnam pada fase grup Piala Asia.

Baca Juga:
Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia, Bung Towel Tetap Kritik Shin Tae-yong: Tidak Sesuai Kinerja dan Janji

Di babak 16 besar Piala Asia, Timnas Indonesia bakal mendapat tambahan poin signifikan jika mampu membuat kejutan dengan mengalahkan Australia.

Skuad Garuda akan mendapat tambahan +30,21 jika menang dalam waktu normal 90 menit atau babak tambahan 120 menit.

Dengan tambahan 30,21 poin akan membuat peringkat Indonesia di ranking FIFA naik diurutan ke-136.

Baca Juga:
Marc Klok Sedih Belum Dapat Menit Bermain Maksimal di Piala Asia, Shin Tae-yong: Tidak Mudah Itu Taktik

Sementara Australia hanya akan mendapat tambahan +4,79 poin apabila berhasil mengalahkan Indonesia di waktu 90 menit atau 120 menit pertandingan.

Timnas Indonesia tetap akan medapat tambahan poin, jika menang dalam adu penalti atas Australia yakni +21.46 yang akan menempatkan Indonesia di ranking 138 FIFA.

Bahkan jika kalah dalam adu tendangan penalti, Timnas mendapat tambahan +12,71, Indonesia bakal berada di peringkat 141 dunia.(*)

Baca Juga:
Staf Pelatih Persib Ungkap Masalah Tim dan Penampilan Stefano Beltrame

Load More