Ilham Maulana
Joel Kojo, pemain Kirgizstan yang secara tidak langsung berjasa membuat Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia (Tangkapan layar Instagram @kojo_joel_10)

Bolatimes.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akhirnya mampu mencetak sejarah baru, untuk pertama kalinya mampu lolos ke babak 16 besar Piala Asia.

Lolosnya Timnas Indonesia ke babak gugur Piala Asia, dikarenakan mereka lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik selama turnamen.

Selama fase grup, Timnas Indonesia mampu meraih tiga poin dari pertandingan saat melawan Vietnam yang berakhir dengan kemenangan.

Baca Juga:
Indonesia Cetak Sejarah Lolos Babak 16 Besar Piala Asia, Intip Momen Seru Pemain dan Pelatih Luapkan Kegembiraan

Sedangkan dua pertandingan lainnya saat berhadapan dengan Irak dan Jepang, Skuad Garuda harus menerima kekalahan dengan skor yang sama 3-1.

Meski hanya meraih satu kemenangan saja, hasil tersebut sudah bisa membuat Tim Merah Putih lolos dan berhak melaju ke babak berikutnya.

Namun di sisi lain, ada sosok yang secara tidak langsung berjasa terhadap kelolosan Timnas Indonesia ke babak 16 besar yaitu pemian Kirgizstan.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Setelah Oman Ditahan Imbang Kirgiztan 1-1

Sosok pemain Kirgizstan yang berjasa untuk Skuad Garuda tersebut ialah Joel Kojo, pemain berdarah Ghana yang bermain untuk Dinamo Samarqand.

Kojo berjasa secara tidak langsung karena ia mampu mencetak gol pada laga Kirgizstan melawan Oman pada Kamis malam (25/1/2024).

Pasalnya laga Kirgizstan vs Oman memang menjadi penentu antara lolos atau tidaknya Indonesia ke babak 16 besar sebagai tim peringkat tiga terbaik.

Baca Juga:
Bukan Timnas Indonesia Top Ranking FIFA di ASEAN, Negara Ini yang Sanggup Menggeser Vietnam

Pada laga tersebut, Oman sempat unggul di menit ke 8 lewat gol yang dicetak Muhsen Al Ghassani dan sempat membuat Oman lolos untuk sementara waktu.

Akan tetapi, Joel Kojo akhirnya mampu mencetak gol penyama kedudukan pada babak kedua di menit 80 dan membuat Indonesia berhak lolos ke fase gugur.

Di babak 16 besar Piala Asia, Timnas Indonesia sudah ditunggu lawan berat yaitu Australia yang akan bertanding pada Jumat (2 /2/2024).(*)

Baca Juga:
Indonesia Terpuruk di Piala Asia 2023, Pelatih Jepang Mengaku Lebih Cerdik dan Agresif: Kami Bisa Mengendalikan

Load More