Pipin Lukmanul Hakim
Skuad timnas Indonesia lakukan selebrasi, usai sang kapten Asnawi Mangkualam melesakkan tendangan dari titik putih ke gawang Vietnam hingga mengantarkan Garuda merebut kemenangan perdana di Piala Asia 2023. (PSSI).

Bolatimes.com - Setelah sukses menundukkan Vietnam, ranking FIFA timnas Indonesia menjadi naik peringkat ke-142.

Memang Indonesia berhasil mengalahkan 1-0 Vietnam dalam laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdulah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat, (19/1/2024).

Kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam menjadi aktor kemenangan skuad Garuda, berkat tendangan penaltinya di menit 42, berhasil memperdaya kiper Vietnam Filip Nguyen.

Baca Juga:
3 Data FaktaTimnas Indonesia Usai Permalukan Vietnam di Piala Asia 2023, Meski Tanpa Gelar ternyata Sangat Mengejutkan

Dengan demikian, skuad Asuhan Shin Tae-yong berhasil mengoleksi 3 poin penting untuk membuka peluang lolos babak 16 besar Piala Asia 2023.

Dari kemenangan itu juga, membuat Indonesia menuai tambahan 23,18 poin naik menjadi 1076,78 poin dibandingkan sebelumnya 1053,60.

Tambahan poin ini membuat skuad Merah Putih melejit lima peringkat dari 147 ranking FIFA, peringkat mereka saat dikalahkan Irak dengan skor 1-3.

Baca Juga:
Persib Bandung Beri Bocoran Tiga Jersey Terbaru untuk Liga 1 2024/2025

Sementara itu, kekalahan tersebut membuat Vietnam turun empat peringkat dari semula 95 menjadi ke-99.

Terkini, skuad Golden Star mengantongi poin 1205,90 setelah kekalahan melawan timnas Indonesia, demikian catatan @FootyRangkings.

Selain melesat pada ranking FIFA, Indonesia juga naik ke peringkat ketiga klasemen Grup D Piala Asia sementara dengan koleksi 3 poin.

Baca Juga:
Rafael Struick Ingin Ambil Penalti tapi Shin Tae-yong Memtusukan Pilih Asnawi Mangkualam karena Ini

Indonesia mempunyai poin sama dengan Jepang yang baru saja dikalahkan 1-2 oleh Irak pada laga kedua Grup D.

Hal tersebut, tentu saja membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar terbuka lebar.

Apalagi, pasukan Shin Tae-yong kini menjadi pemuncak klasemen sementara di tim peringkat ketiga terbaik dengan koleksi 3 poin.

Baca Juga:
Ketika Tebakan Pelatih Persib Menjadi Kenyataan

Indonesia meninggalkan lawan-lawannya di klasemen peringkat tiga terbaik, karena pesaing-pesaing seperti, Tajikistan (Grup A), Syiria (Grup B), dan Palestina (Grup C) yang sudah memainkan dua laga, baru mengoleksi satu poin.

Sementara itu, Bahrain (Grup E), dan Oman (Grup F) yang baru memainkan satu laga penyisihan grup belum memperoleh poin sama sekali.

Load More