H.M Permana
Trofi Piala Indonesia 2018/2019 (Suara.com/Adie Prasetyo)

Bolatimes.com - Striker asing Persib Bandung David da Silva mempertanyakan status Piala Indonesia yang sudah lama tidak digelar. Terakhir kalinya, Piala Indonesia digelar musim 2018/2019, dimana PSM menjadi juara.

Minimnya jumlah pertandingan di Indonesia menjadi pemicu pertanyaan striker Persib asal Brasil tersebut.

Menurutnya, di negara-negara lain, setiap tim bisa memainkan 40 hingga 45 pertandigan. Sementara di Indonesia, Persib dan tim peserta lainnya hanya memainkan 34 pertandingan di kompetisi Liga 1.

Baca Juga:
Pratinjau Laga Piala Asia, Malaysia Kontra Bahrain, Prediksi Skor, H2H, dan Susunan Pemain

"Saya juga tidak mengerti kenapa sepakbola Indonesia tidak punya turnamen domestik, yang mana normalnya setiap negara memiliki itu," ungkap David da Silva.

"Liga hanya memiliki 34 laga resmi dan normalnya di negara-negara lain tim bisa bermain 40-45 pertandingan," imbuh striker Persib berkepala plontos tersebut.

David da Silva menegaskan, 34 pertandingan yang dilakoni Persib dirasa tidak cukup baginya. Ia juga menyinggung jeda panjang kompetisi Liga 1 seperti yang terjadi saat ini.

Baca Juga:
Prediksi Skor, H2H, hingga Susunan Pemain Laga Yordania vs Korea Selatan di Piala Asia Qatar

"Bagi saya ini tak cukup dan karena itu ada masa jeda yang panjang. Biasanya satu kuota untuk bermain di AFC juga datang dari turnamen domestik dan kita tidak punya. Jadi menurut saya, mereka harus memikirkan ini," kata top skor Persib sepanjang masa tersebut.

Bahkan menurut David da Silva, para pemain di Indonesia seharusnya bisa bermain dengan lebih banyak jumlah pertandingan. Striker Persib bernomor punggung 19 inipun mencontohkan pertandingan di Arab Saudi, dimana ia pernah berkarir di sana.

"Saya hanya melihat dari sisi saya, kami harus bermain lebih banyak, seperti di Arab Saudi, setiap tim bermain hingga 56 pertandingan dan harus bermain untuk tim nasional juga. Tapi ini hanya opini saya," pungkas bomber Persib tersebut.

Baca Juga:
Jelang Tanding di Piala Asia, Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Menjadi Lawan yang Sulit

Wacana Piala Indonesia

Erick Thohir berikan pesan untuk Timnas Indonesia usai kalah dari Irak dalam ajang Piala Asia 2023

Wacana kembalinya Piala Indonesia pernah disampaikan ketua umum PSSI, Erick Thohir.

Pada Mei 2023 lalu, Erick Thohir menyebut bahwa akan ada turnamen yang digelar pada Juli atau Agustus 2023.

Tetap faktanya, hanya ada kompetisi Liga 1, 2, dan 3 yang sudah berjalan saat ini. Sementara untuk Piala Indonesia belum ada kelanjutannya.

"Dari strategi yang disepakati liga, bahwa Liga 1 akan bergulir 1 Juli. Lalu liga 2 dan Liga 3 pada September."

"Seperti janji sebelumnya, kami akan adakan turnamen, kalau tidak salah Juli atau Agustus, tanya aja ke tim yang mempersiapkan," ungkap Erick Thohir, 30 Mei 2023.

Load More