Pipin Lukmanul Hakim
Shin Tae-yong berikan ucapan selamat untuk Irak usai tanding dengan Timnas Indonesia, Piala Asia 2023 (PSSI).

Bolatimes.com - Nasib pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong ditentukan oleh hasil akhir tim Garuda di kompetisi Piala Asia 2023 Qatar.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, perpanjangan kontrak juru taktik asal Korea Selatan itu sangat tergantung dari performanya di ajang Piala Asia, dan Piala Asia U23 2024.

Hal ini, disampaikan Erick dalam kesempatannya usai menghadiri MoU Groundbreaking PSSI, dan Rumah Sakit Abdi Waluyo di Menara Danareksa, Jakarta.

Baca Juga:
Gugur atau Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Strategi Shin Tae-yong Siapkan Timnas Indonesia Lawan Vietnam

"Perpanjang (kontrak STY saat ini) sampai Juni, tetapi nanti kami review kinerjanya untuk Asia Cup Senior (Piala Asia 2023), dan tentu Asiap Cup U23," kata Erick Thohir, pada Kamis, (18/1/2024).

Pria yang menjabat Menteri BUMN itu juga mengatakan, jika performa Shin Tae-yong dinilai bagus, maka akan membuka peluang negosiasi perpanjangan kontrak hingga 2027.

"Kalau prestasinya bagus, ya kami duduk untuk (menegosiasikan kontrak) sampai 2027. Sudah tadi sudah ngomong (kontrak STY saat ini), sampai Juni. Kalau performanya bagus, sampai 2027," kata Erick.

Baca Juga:
Sempat Jadi Andalan Persib Hingga Diberi Chant Khusus oleh Bobotoh, Pemain Asing Ini Berstatus Tanpa Klub, Siapa Minat?

Eks Presiden Inter Milan itu mengatakan, komunikasinya dengan Shin Tae-yong berjalan dengan baik, dan selalu memberikan dukungan yang diperlukan oleh tim Merah Putih.

"Kita saling menghargai. Saya sama Coach STY berkomunikasi baik. Saya dukung. Kemarin ada minta tambahan bus, saya bantu," kata Erick.

"Minta tambahan dokter, saya bantu. Saya dukung pasti. Saya tidak pernah diskriminasi pelatih manapun," sambungnya.

Baca Juga:
Wow, Pratama Arhan Resmi Digaet Klub Korea Selatan Padahal Masih Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Namun, Erick mengatakan, bahwa tugas STY memang tidak mudah karena Indonesia terakhir kali bermain di Piala Asia pada 2007.

Sementara itu, timnas Indonesia U23 baru akan tampil di Piala Asia U23 pada tahun ini.

"Ini tidak mudah, ini sejarah juga. Ketika kita pertama kalinya tim senior bisa masuk Asia Cup setelah 17 tahun, yang U23 tidak pernah masuk. Tidak mudah," katanya.

Baca Juga:
Vietnam Sesumbar Akan Jungkalkan Indonesia di Piala Asia 2023, Golden Star Warriors Kantongi Kelemahan Timnas Garuda

Timnas Indonesia akan melawan Vietnam dalam jadwal laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdulah bin Khalifa, pada Jumat, (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Load More