Rifqu Khanif
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sertakan pemain muda di Piala Asia 2023. (pssi)

Bolatimes.com - Ternyata ada agenda terselubung pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong membawa sebelas pemain mudanya di Timnas Indonesia pada turnamen Piala Asia 2023 Qatar.

Dari 26 pemain Timnas Indonesia yang didaftarkan untuk mengarungi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong cukup berani membawa setengah skuadnya berusia di bawah 23 tahun.

Timnas Indonesia juga mencatatkan sebagai tim dengan rata-rata umur termuda di Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Bek Vietnam Xuan Manh Bongkar Kelemahan Timnas Indonesia: Tim Ini Miliki Celah

Rata-rata umur skuad Shin Tae-yong adalah 24,33 tahun, lebih muda dari beberapa tim, seperti Uzbekistan, Vietnam hingga Tajikistan.

Cukup logis mengapa Shin Tae-yong mengambil keputusan demikian, hal ini berkaitan dengan target yang bakal ia kejar.

"Jadi, ya kami tidak bersiap dengan baik tetapi itu karena banyak membawa pemain muda dalam tim ini," tutur Shin Tae-yong saat konferensi pers usai menghadapi Irak.

Baca Juga:
Jelang Kontra Vietnam, Timnas Indonesia Dapat Pesan dari Eks Pemain yang Pernah Permalukan Rival Garuda Itu

Oleh sebabnya, pada pertandingan pertama Piala Asia 2023 sebagian dari pemain mudanya tegang.

"Jadi, mereka sedikit tegang dan kurang berpengalaman," imbuhnya.

Namun, Shin menyertakan mayoritas skuadnya dengan pemain muda, bahkan mengisi posisi inti, karena mereka juga akan diandalkan di Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga:
Duel Hidup Mati Kontra Vietnam, Shin Tae-yong Janji Bikin Keajaiban: Saya Pernah Kalahkan Jerman

Bahkan, Shin dikejar target untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024, oleh sebab itu cukup logis apabila pelatih Timnas mempercayai pemain muda.

Agenda terselubung untuk lolos ke Olimpiade inilah membuat Shin mengandalkan kerang utama Skuad Garuda dari pemain muda di bawah 23 tahun.

Sebelas pemain U-23 di Timnas Senior adalah Rafael Struick, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Ernando Ari, Witan Sulaeman, Hokky Caraka dan Ramadhan Sananta.

 

 

Load More