Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi
Proses terjadinya gol kedua Irak dinilai offside. (Twitter)

Bolatimes.com - Gol kedua Irak saat laga kontra Timnas Indonesia pada penyisihan grup D Piala Asia 2023 yang berbau off-side menuai hujatan bahkan Timnas dibanjiri dukungan dari netizen luar negeri.

Sebelum terciptanya gol kedua bagi Irak, tampak jelas dalam tayangan terdapat pemain Irak yang berada dalam posisi off-side.

Namun operator Video Assistant Referee (VAR) sama sekali tidak memberikan peringatan kepada wasit yang memimpin laga, pertandingan terus berlanjut yang akhirnya berujung gol kedua Irak ke gawang Indonesia.

Baca Juga:
Usai Dibekuk Irak, Ivar Jenner Mendapat Doa dari Zidane Iqbal: Senang Sekali Kawan dan Semoga Beruntung

Akibat keputusan kontroversial tersebut, secara psikologis tentu saja berpengaruh kepada mental bertanding anak asuh Shin Tae-yong.

Menyikapi hal tersebut, kubu Timnas Indonesia secara resmi telah melayangkan protes keras kepada AFC.

Meskipun tidak mengubah hasil pertandingan, protes tersebut bisa menjadi pelajaran berharga bagi perangkat pertandingan terutama di Piala Asia kali ini.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Namanya Dipajang dengan Son Heung Min hingga Membuat Pemantau Bakat Terkesima

Sementara itu, terkait keputusan wasit yang tetap menganggap sah gol kedua Irak tersebut, netizen luar negeri menyuarakan dukungan kepada Timnas Indonesia.

Dukungan tersebut hadir dari netizen dari  berbagai negara seperti Malaysia, Iran dan Norwegia.

“Boleh seri, gol kedua mematahkan sedikit semangat Indonesia. Jelas offside, team Asean sering begitu selalu di robbed, bukan Indonesia sahaja.reff, comeback stronger saudara,” tulis @malayagoal.

Baca Juga:
Pratama Arhan Resmi Merapat ke Suwon FC: Sebuah Kehormatan!

“Kerja yang bagus Indonesia, anda akan menjadi salah satu kekuatan Asia segera, dukungan dari Iran,” ujar @masam_bjm.

Bahkan seorang netizen Iran dan Norwegia yang kecewa mempelesetkan AFC menjadi Arab Football Confederation.

“Sebagai seorang Iran, gol kedua Irak jelas offside! Memalukan AFC (Konfederasi Sepak bola Arab),” kata @persian._._gulf.

Baca Juga:
Demi Persib, Eks Pemain Bandung United Ini Tak Mau Egois

“Saya melihat pertandingan ini fokus ke Irak karena gol kedua offside, ini (Asosiasi Sepak Bola Arab), salam dari Norwegia bv,” tulis @alexis_downii.(*)

Load More