Rifqu Khanif
Thom Haye berseragam SC Heerenveen akan segera dinaturalisasi Timnas Indonesia. (Instagram @thomhaye)

Bolatimes.com - Hasil tak baik di laga awal Timnas Indonesia pada kampanye Piala Asia 2023 melawan Irak membuat mata seseorang Pengamat Sepak Bola, Bung Ropan tertuju pada sosok ini. Pasukan Garuda kalah 1-3 dari Singa Mesopotamia Irak, Senin, (15/1).

Bung Ropan menilai, banyak masalah yang harus diselesaikan oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Terlebih pada sistem permainan yang kurang baik jalannya.

Menurut Bung Ropan, permainan Timnas Indonesia tidak mengalir seperti Irak karena tidak ada sosok yang mampu mengalirkan bola. Pasukan Shin Tae-yong dinilai mudah kehilangan bola, hanya satu sampai dua sentuhan saja, langsung dirampas lawan.

Baca Juga:
Pelatih Persib: Sedikit Kesulitan, Mereka Kelelahan

Perhatian khusus dari Bung Ropan pada sektor tengah, dia juga menambahkan, apabila ada sosok ini, aliran bola Timnas diklaim lancar.

Sosok yang dimaksud Bung Ropan adalah Thom Haye, pemain keturunan Indonesia yang akan segera dinaturalisasi.

"Memang kita butuh kreator di lini tengah, itu tidak kelihatan sama sekali," katanya, dikutip dari kanal YouTube Bung Ropan, Selasa, (16/1).

Baca Juga:
5 Fakta di Balik Kekalahan Timnas Indonesia atas Irak di Piala Asia 2023

"Ini kita memang butuh Thom Haye, makanya lebih dinaturalisasi bagus, karena kita butuh pemain seperti dia, visinya bagus, aliran bolanya bagus," imbuhnya.

Saat ini proses naturalisasi Thom Haye sedang dikerjakan oleh PSSI, menurut keterangan yang diterima Bolatimes, berkasnya telah sampai di Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Dibuat Tak Berdaya, Lagi-Lagi Jadi Lumbung Gol Lawan, Irak Tempel Jepang di Puncak Klasemen Grup D

Load More