Pipin Lukmanul Hakim
Gelandang muda timnas Indonesia, Marselino Ferdinan menyayangkan keputusan wasit tidak menganulir go kedua Irak. (PSSI).

Bolatimes.com - Gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan menyayangkan keputusan wasit yang tidak menganulir gol kedua Irak.

Marselino juga menilai gol yang diciptakan gelandang Irak, Osama Rashid pada menit 47+7 itu tidak sah karena offside.

Wasit pemimpin pertandingan Indonesia lawan Irak, Tantashev Ilgiz bahkan tidak mengubah keputusannya meski telah melihat tayangan VAR.

Baca Juga:
Piala Asia 2023: Malaysia Babak Belur, Tidak Bisa Menyarangkan Gol ke Gawang Yordania

Alhasil, duel Indonesia vs Irak dalam jadwal Piala Asia 2023 Qatar, yang berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, pada Senin (15/1/2024) harus berakhir dengan skor 1-3.

"Disayangkan juga di pertandingan pertama ini kami tidak beruntung, ada beberapa kontroversi dari wasit yang seharusnya tidak gol, tapi jadi gol," kata Marselino.

Penyumbang gol semata wayang tim Garuda itu mengakui, jika gol kedua skuad Singa Mesopotamia itu memengaruhi kondisi mental bermain rekan-rekannya.

Baca Juga:
Pesepakbola Israel Ditangkap Diduga Terkait Pesan Perang Israel-Hamas

Kendati demikian, ia terus memberikan semangat kepada pemain tim Garuda, seperti arahan dari pelatih Shin Tae-yong, yang sempat memanggilkan sebanyak dua kali ke pinggir lapangan.

Irak memang tim yang sulit ditundukkan, tetapi bukan berarti timnas Indonesia menyerah dan mengendurkan serangan.

Pada babak kedua, permainan Asnawi Mangkualam dkk mengalami peningkatan, dan banyak memberikan tekanan ke depan gawang yang dijaga Jalal Hasan.

Baca Juga:
Piala Asia 2023 Qatar: Shin Tae-yong Heran Gol Kedua Irak ke Gawang Indonesia Disahkan Wasit

Marselino juga tak mau menyia-nyiakan kesempatan bisa bermain di Piala Asia mewakili Indonesia, usai terakhir kali timnas lolos ke ajang empat tahunan itu 16 tahun silam (2007).

"Kami sangat bangga setelah 16 tahun tidak ada di (Piala) AFC. Kami memaksimalkan semua, kami berjuang untuk bangsa," kata Marselino.

"Saya merasa bangga dan senang, jadi pemain termuda dan satu-satunya scoror bagi timnas. Tapi, tetap saja kami kalah," sambungnya.

Baca Juga:
5 Fakta di Balik Kekalahan Timnas Indonesia atas Irak di Piala Asia 2023

Usai menelan kekalahan 1-3 dari Irak pada pertandingan pertama Grup D Piala Asia, Marselino ingin memperbaiki penampilannya di laga kedua melawan Vietnam.

"Untuk lawan Vietnam, kami akan analisis lagi pertandingan hari ini, dan mencoba yang terbaik di pertandingan selanjutnya," katanya.

Load More