Rizki Laelani
Meriahnya Piala Asia di Qatar. Cek Jadwal Timnas Indonesia di sini. (afcasiancup)

Bolatimes.com - Sangat luar biasa pembukaan penyelenggaraan Piala Asia 2023 di Qatar. Even sepakbola terbesar di Asia tersebut dibukan secara resmi dengan digelarnya pembukaan di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Jumat (12/1/2024) pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB.

Dalam opening ceremony, dilihat sangat meriah dengan ditampilkannya tarian, kembang api yang memukau.

Tak kalah luar biasa adalah penampilan penyanyi asal Lebanon, Abeer Nehme yang sukses menggetarkan Stadion Lusail yang jadi tempat pembukaan Piala Asia 2023. Seperti diketahui jika Stadion Lusail adalah venue Piala Dunia 2022 lalu.

Upacara pembukaan Piala Asia 2023, berjudul "The Lost Chapter of Kelileh & Demneh," mengambil inspirasi dari buku Kalila wa-Dimna, sebuah kumpulan dongeng dengan 15 bab yang menceritakan kisah pahlawan-pahlawan yang unik, semuanya berwujud hewan.

Kelileh dan Demneh, dua serigala dalam buku tersebut, memegang peran ganda sebagai narator dan protagonis.

Dilansir dari The Peninsula, pesan yang disampaikan dalam pembukaan Piala Asia 2023 memberikan penekanan pada perayaan terhadap perbedaan, sejalan dengan nilai-nilai Qatar, negara tuan rumah.

Acara dihadiri oleh keluarga Kerajaan Qatar dan beberapa tokoh penting dari federasi sepak bola di berbagai negara Asia.

Bahkan, pemimpin Qatar, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, turut menghadiri upacara pembukaan tersebut.

Pertunjukan utama dalam acara pembukaan adalah "Kelileh o Demneh," sebuah dongeng Persia yang menampilkan karakter hewan, menggambarkan persatuan dalam keberagaman.

 

Load More