Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi
Pemain Vietnam di Piala Asia 2019

Bolatimes.com - Irak bukan lawan yang asing bagi Vietnam di edisi Piala Asia 2023 kali ini, di Piala Asia 2019 kedua tim berada pada satu grup bersama Iran dan Yaman.

Bahkan di Piala Asia 2019, Vietnam mampu mencetak dua gol ke gawang Irak meskipun pada pertandingan fase grup tersebut Vietnam harus menyerah dengan skor 3-2.

Pada laga tersebut, Vietnam unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri Ali Faez pada menit ke-24,meskipun kemudian Irak mampu menyamakan kedudukan di menit ke-35.

Baca Juga:
Amankan Tiket 16 Besar Targetkan Vietnam Untuk Dikalahkan di Fase Grup, 5 Pertemuan Terakhir Vietnam Unggul

Namun Vietnam kembali unggul pada menit ke-42 melalui aksi N. Chong Phuong, skor 2-1 untuk Vietnam bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Irak berhasil membalikkan keadaan, setelah H. Tariq mencetak gol penyeimbang di menit ke-60, Ali Adnan berhasil membawa Irak meraih kemenangan pada menit ke-90 saat pertandingan hampir berakhir imbang.

Di laga fase grup lainya, Vietnam harus menyerah dari raksasa Asia Iran dengan dua gol tanpa balas, kedua gol Iran dicetak oleh Sardan Azmoun pada menit ke-38 dan 69’.

Baca Juga:
Resmi Dicoret Dari Skuad Timnas di Piala Asia 2023, Begini Reaksi Saddil Ramdani, Merasa Tak Dihormati?

Namun Vietnam berhasil mengamankan tiket menuju babak 16 besar setelah berhasil mengalahkan Yaman dan masuk sebagai tim peringkat ketiga terbaik.

Vietnam melumat Yaman dengan skor 2-0, gol Vietnam dicetak oleh N. Quong Hai (38’) dan penalti Q. Ngoc Hai (64’).

Yang lebih mencengangkan, pada Piala Asia yang berlangsung di Uni Emirat Arab tersebut Vietnam bahkan mampu melesat hingga babak perempat final.

Baca Juga:
Remuk di TC Turki Lawan Iran dan Libya, Shin Tae-yong Mau Pakai Formasi Apa Lagi saat Timnas Indonesia Tarung Piala Asia

Vietnam mampu menyingkirkan Yordania melalui adu tendangan penalti di babak 16 besar Piala Asia, setelah sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1 pada pertandingan di waktu normal.

Langkah Vietnam baru terhenti setelah bertemu dengan Jepang di perempat final, Pasukan Samurai Biru bahkan hanya mampu unggul tipis dari Vietnam 1-0.

Tendangan penalti Ritsu Doan di menit 47’ mengubur asa Vietnam di Piala Asia edisi 2019.(*)

Baca Juga:
Persib Cari Lawan, Pengamat Sebut Tinggal ACC Klub Asal Korea Selatan

Load More