Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi
Timnas Indonesia vs Vietnam. (Dok. PSSI dan AFF)

Bolatimes.com - Kekalahan Timnas Indonesia atas Libya pada dua pertandingan uji coba tidak membuat Vietnam jumawa saat bentrok dengan Pasukan Garuda pada final Piala Asia 2023 di Qatar.

Media Vietnam Soha.vn menyebut bahwa apa yang ditampilkan Timnas Indonesia pada partai uji coba tersebut tidak merepresentasikan kekuatan Pasukan Shin Tae-yong yang sesungguhnya.

Media Vietnam itu menyatakan Skuad Garuda bisa tampil lebih berbahaya pada gelaran Piala Asia mendatang, menurutnya faktor pelatih dan pemain naturalisasi mempunyai pengaruh besar.

Baca Juga:
Johor Darul Tazim (JDT) Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Asia 2023, Indonesia Tim Termuda

“Dari segi sumber daya manusia, Indonesia juga tidak kalah, bahkan diperkirakan akan lebih kuat berkat naturalisasi banyak pemain belakangan ini,” tulis Soha.vn.

“Soal pelatih,Shin Tae-yong tidak buruk bahkan bagus di level Asia tenggara. Ingat, pria ini pernah membawa tim Korea ke final Piala Dunia 2018 dan mengalahkan Jerman 2-0,” tulisnya.

Menurutnya, hasil buruk yang dialami Indonesia pada pertandingan terakhir hanyalah penurunan kinerja yang sifatnya sementara, diyakini Timnas Indonesia akan tampil perkasa pada Piala Asia nanti.

Baca Juga:
Persib Dibantai Borneo FC di EPA Liga 1 2023/2024

Media Vietnam itu menambahkan, bahwa Indonesia menjadi rival berat bagi Vietnam khususnya di Asia Tenggara, kedua tim saling memahami karena keduanya sering bertemu di berbagai ajang.

Menurutnya, Indonesia menjadi tim yang menakutkan bagi Vietnam terutama ketika semangat Timnas sedang meninggi.

“Pemain Indonesia seringkali menjadi yang paling menakutkan ketika semangatnya sedang tinggi. Dan di pertandingan mendatang, pertandingan melawan tim Vietnam adalah kondisi yang paling jelas bagi pelatih Shin Tae-yong dan semangat timnya untuk bangkit,” ujarnya.

Baca Juga:
Persib dan Persija Kompak Antisipasi Masalah yang Mengintai Usai Libur Panjang

Satu hal yang paling ditakutkan Vietnam saat keduanya bentrok di Piala Asia nanti adalah permainan timnas yang menurut mereka cenderung keras dan kasar.

“Jika Indonesia tidak bisa bersaing baik dengan tim Vietnam dalam hal keahlian, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan mempunyai trik yang akan memaksa anak didik Troussier terbaring kesakitan di lapangan,” tegasnya.

Hal tersebut berkaitan dengan badai cedera yang menghantam Vietnam jelang bergulirnya Piala Asia, tercatat 10 pemain Vietnam diragukan untuk bisa membela Vietnam dalam ajang tersebut.

Baca Juga:
Pelatih Jepang Hajime Moriyasu Sama Sekali Tidak Menyebut Timnas Indonesia, Seolah Tidak Ada di Piala Asia 2023

“Belakangan ini, Timnas Vietnam terlalu banyak mengalami kekalahan akibat cedera. Usai pertandingan Indonesia, kita masih memiliki pertandingan yang sangat penting melawan Irak,” tuturnya.(*)

Load More