Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi
Pemain Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong (pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan pada laga uji coba kedua menghadapi Libya dengan skor 1-2, namun pelatih Shin Tae-yong mengaku puas dengan anak asuhnya, menurutnya secara keseluruhan permainan Timnas dinilai lebih baik.

Laga yang berlangsung pada (5/1) di Antalya Turki tersebut pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan besar terhadap timnya.

Pasukan Garuda berhasil membuat kejutan dengan menciptakan gol cepat pada menit ke-3 melalui aksi Yakob Sayuri setelah memanfaatkan umpan silang Ivar Jenner.

Baca Juga:
Bek Persib Digoda Gabung Persebaya Setelah Tuliskan Kalimat Ini

Namun, tiga menit berselang Libya berhasil menyamakan kedudukan, tendangan Osama Elsharimi tak mampu ditepis penjaga gawang Ernando Ari.

Lini belakang Timnas kembali membuat blunder pada pertandingan memasuki menit ke-20, Rizky Ridho yang melakukan back pass ke Ernando Ari dengan terlalu lemah, bola berhasil diserobot Ahmed Ekrawa, dengan mudah dirinya mencetak gol ke gawang Indonesia.

Keunggulan 1-2 untuk Libya tidak berubah hingga babak pertama usia meskipun Pasukan garuda terus mencoba menyamakan kedudukan.

Baca Juga:
Glenn Sugita: Mau Tanggal Berapapun Hari Lahir Persib, Kita Tidak Ada Masalah, Tapi...

Pada babak kedua, Timnas lebih menguasai jalannya pertandingan, tercatat beberapa peluang mampu diciptakan, menit ke-60 sepakan keras Marselino Ferdinan belum menemui sasaran.

Pada menit ke-64, kembali aksi Marselino Ferdinan mengancam gawang Libya, namun belum bisa mengubah kedudukan setelah tendangannya melambung jauh di atas mistar.

Peluang terbaik bagi Timnas justru diperoleh Justin Hubner pada menit 88, tendangan kerasnya mampu dihadang penjaga gawang Libya meskipun Justin berhadapan satu  lawan satu dengan kiper.

Baca Juga:
Persib Ajukan Surat Penggunaan Stadion Si Jalak Harupat

Hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir, kedudukan 1-2 untuk Libya tidak berubah, halitu sekaligus menjadi kemenangan kedua bagi Libya setelah sebelumnya pada (2/1) Timnas kalah telak dengan skor 0-4.

Shin Tae-yong Puas

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan alasan kenapa kalah memalukan dari Libya.

Kekalahan kedua uji coba Timnas Indonesia kontra Libya pada persiapan Piala Asia 2023, tidak membuat pelatih Shin Tae-yong berkecil hati.

Baca Juga:
Tak Ingin Dibedakan, Kompak! Serentak Pemain Timnas Unggah Foto dan Caption Yang Sama di Akun Instagram

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut kekalahan timnya lebih disebabkan Pasukan Garuda belum berlatih secara teknik dan hanya fokus latihan fisik selama menjalani TC.

Shin Tae-yong yakin Timnas Indonesia akan semakin baik dan berkembang pada laga-laga mendatang.

"Pastinya saya mau mendapatkan kemenangan di setiap pertandingan. Tapi selama ini skuadnya kurang. Jadi untuk ke depannya pasti akan berkembang lebih baik lagi," kata Shin Tae-yong.
.
"Selama kami berada di Turki, kami hanya fokus ke latihan fisik. Kami belum fokus ke latihan taktik."
.
"Latihan taktik baru kami lakukan satu hari sebelum pertandingan saja," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menyatakan bahwa formasi yang digunakan saat menghadapi Libya pada pertandingan tersebut adalah formasi yang dipersiapkan untuk menghadapi Irak di Piala Asia.

"Pertandingan hari ini saya memakai formasi yang nanti kami akan siapkan untuk melawan Irak. Saya pikir mereka sudah bekerja keras hari ini."
.
"Di luar hasil, saya puas dengan performa para pemain," pungkasnya.(*)

Load More