Rifqu Khanif
Ragnar Oratmangoen pilih Timnas Indonesia, begini perasaan sang Mama. (Instagram/0ratmangoen)

Bolatimes.com - Ragnar Oratmangoen merupakan pemain FC Groningen (Eertse Divisie) yang sedang dipinjamkan ke Fortuna Sittard (Eredivisie). 

Ragnar Oratmangoen adalah pemain sepak bola profesional yang berposisi sebagai penyerang sayap, namun dia memiliki kelebihan mampu bermian di lini tengah seperti gelandang serang, tengah, hingga kiri.

Sejak kecil Ragnar Oratmangoen menimba ilmu sepak bola di klub Belanda, tapi dirinya ternyata memiliki darah keturunan Indonesia.

Baca Juga:
Perang Papan Bawah Klasemen Liga 1 Makin Sengit Usai Arema Menang Lawan Persis, Persita, Persis dan Persebaya Terancam

Hal itu yang membuat Ragnar Oratmangoen baru-baru ini memutuskan memilih Timnas Indonesia sebagai Tim Nasionalnya.

Melalui laman PSSI, Ketua Umum Erick Thohir beberapa bulan lalu mengumumkan bahwa Ragnar akan dinaturalisasi.

Proses naturalisasi wajib dijalani oleh Ragnar agar bisa mendapat status kewarganegaraan Indonesia. Sehingga, status Federasi Sepakbola dia juga bisa diubah dari Belanda (KNVB) ke PSSI.

Baca Juga:
Mainnya Mirip Tijani Reijnders, Pemain Keturunan Ini Diminta Jadi Tandem Rafael Struick

Namun, di balik proses pemilihan Timnas Indonesia sebagai tim nasionalnya, Mama dari Ragnar mengaku kaget ketika mendengar putranya memilih merah putih.

Tetapi, menurut keterangan Ragnar, secara pribadi, Mama dia senang dan bahagia saat dirinya memilih Timnas Indonesia.

"Orang tua saya sangat bahagia untuk saya, meski ibu saya juga sedikit terkejut, meskipun ayah saya lahir di sini, dia sudah lama tidak memiliki kewarganegaraan," ujar Ragnar dinukil dari Leuwarder, Minggu, (10/12).

Baca Juga:
Bojan Hodak Bocorkan Cara Agar Pemain Persib dapat Menit Bermain

"Ada tanda bintang di paspornya. Akibatnya, dia (Ayah) bukan warga negara Belanda penuh, misalnya tidak punya hak pilih," sambungnya.

Ternyata Ragnar sejak lama sudah tertarik memilih Timnas Indonesia, momen itu datang saat mendengar kabar ada tim dari PSSI yang mencari pemain keturunan di Eropa.

Dan kini mimpinya terwujud, meskipun proses naturalisasi dari Ragnar belum selesai.

Load More