Rifqu Khanif
Jay Idzes terancam batal bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. (Dok. Ga-eagles)

Bolatimes.com - Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On adalah pemain keturunan yang dipilih pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk memperkuat skuadnya. Kedua pemain itu diproyeksikan untuk tampil di Piala Asia 2023 Qatar.

Diketahui, Jay Idzes adalah bek jangkung milik Vanezia FC dengan status paspor Belanda, tapi dia memiliki keturunan Indonesia, sehingga Shin Tae-yong mengangkutnya ke Timnas.

Sementara, Nathan Tjoe A-On juga seperti Jay Idzes, memiliki keturunan Indonesia, tetapi dia berasal dari klub Swansea City.

Baca Juga:
Stefano Beltrame Makin Kental dengan Nuansa Persib, Bagaimana dengan Kevin Ray Mendoza?

Namun, agar bisa membela Timnas Indonesia tentunya Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On harus melakukan pergantian kewarganegaraannya dan Federasi Sepak Bola bernaung.

Oleh sebab itu, PSSI sedang melakukan proses naturalisasi untuk kepindahan status kewarganegaraan Nathan dan Jay. Bahkan, Federasi dikejar waktu karena tenggat waktu pendaftaran pemain Piala Asia 2023 berakhir 10 Desember 2023.

Hingga 7 Desember 2023, Nathan dan Jay proses naturalisasinya baru selesai di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), setelah itu menunggu surat keputusan presiden dan pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga:
Ze Valente Bocorkan Dua Pesan Penting Pelatih Persik Jelang Hadapi Persib

Apalagi Nathan dan Jay kondisinya sedang berada di Eropa karena menjalani musim Liga yang masih berlangsung. Jika sudah merampungkan pewarganegaraannya, mereka akan alih Federasi yang juga membutuhkan waktu.

Dikutip dari akun Instagram @futboll.indonesiaa, (7/12), suporter Timnas sedikit pesimis mengenai kemungkinan Jay dan Nathan bermain di Piala Asia 2023.

"Belum kepres, belum sumpah WNI, belum pindah Federasi, masih panjang prosesnya kayaknya gak keburu," ketik @12_d***.

Baca Juga:
Laga Penuh Gengsi! Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023

"Enggak kekejar, kan mereka diproyeksikan kualifikasi piala dunia, kalo asia dah ga kekejar," tulis @zakariasahf****.

 

 

 

 

Load More