Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memberikan arahan kepada para pesepak bola asuhannya saat melawan Timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). FOTO/Aditya Pradana Putra/nym. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Bolatimes.com - Sejak November 2022 hingga Desember 2023 PSSI telah melakukan naturalisasi terhadap 6 pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala Asia dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dilansir dari @arsiptimnas, Jordy Amat dan Sandy Walsh menjadi orang pertama yang dinaturalisai sejak November 2022, kedua pemain tersebut resmi menjadi WNI pada (17/11/2022).

Proses naturalisasi semakin dikebut PSSI saat memasuki tahun 2023, tercatat 5 pemain keturunan menjadi WNI menyusul rekan sebelumnya.

Baca Juga:
Stefano Beltrame Makin Kental dengan Nuansa Persib, Bagaimana dengan Kevin Ray Mendoza?

Pada (24/1/2023) Shayne Pattynama merapat ke skuad Garuda disusul Ivar Jenner dan Rafael Struick pada (22/4/2023).

Terbaru, Justin Hubner menjadi bagian dari Timnas asuhan pelatih Shin Tae-yong pada (6/12/2023).

Menariknya, dari 6 pemain yang berhasil dinaturalisasi, 4 diantaranya berposisi sebagai pemain belakang, mereka adalah Jordy Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama dan Justin Hubner.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Berpisah dengan Viking FK, Borussia Dortmund Menjadi Klub Favorit Impiannya

Selebihnya Ivar Jenner merupakan pemain gelandang dan Rafael Struick berada di posisi striker.

Tidak cukup dengan 6 pemain, PSSI berencana menambah 3 pemain keturunan lagi yang saat ini masih dalam proses yakni Nathan Tjoe, Jay Idzes, dan Ragnar Oratmangoen.

Jika proses naturalisasi ketiganya selesai, Timnas akan mendapat tambahan satu pemain yang berposisi sebagai pemain bertahan yakni Nathan Tjoe-A-On.

Baca Juga:
Laga Penuh Gengsi! Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023

Sementara Jay Idzes berposisi sebagai pemain gelandang dan Ragnar Oratmangoen biasa menjadi penyerang atau striker.

Total terdapat 5 pemain naturalisasi yang berposisi menjadi pemain bertahan, menarik untuk dinantikan strategi apa yang akan diterapkan Shin Tae-yong.

Mungkinkah pelatih asal Korea Selatan tersebut akan lebih memilih bertahan untuk menghadapi Piala Asia dan kualifikasi Piala Dunia 2026? Kita tunggu.(*)

Baca Juga:
Justin Hubner Buat Persaingan Bek Tengah Timnas Makin Sengit, Shin Tae-yong Tinggal Pilih

Load More