Rifqu Khanif
Pemain naturalisasi Timnas Tonnie Cussell. (instagram/tonniecussell)

Bolatimes.com - Bung Binder menghimbau kepada para Pengamat atau pecinta Timnas Indonesia agar tak khawatir dengan adanya pemain keturunan yang dinaturalisasi oleh PSSI.

Menurut Bung Binder, Timnas Indonesia yang dikomandoi Shin Tae-yong sudah berproses dengan baik. Bahkan dia mendukung langkah Shin Tae-yong yang meminta naturalisasi pemain keturunan.

Total, Shin Tae-yong sudah mendatangkan pemain keturunan di Timnas Indonesia sebanyak 6 orang yang rampung prosesnya, dan 3 masih dalam tahap naturalisasi.

Baca Juga:
Ze Valente Bocorkan Dua Pesan Penting Pelatih Persik Jelang Hadapi Persib

Mereka adalah Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Jordi Amat, Rafael Struick, Ivar Jenner dan Justin Hubner yang rampung prosesnya, sementara dalam tahap naturalisasi yakni Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On dan Ragnar Oratmangoen.

Tetapi, sebagian orang mengkritik upaya dari Shin Tae-yong dalam membenahi Timnas, dengan mendatangkan pemain naturalisasi.

Bahkan, sebagian warganet atau Pengamat merasa khawatir jika Timnas nantinya diisi penuh atau dull naturalisasi. Apakah akan terjadi? Menurut Bung Binder, STY akan memilih pemain berdasarkan kualitas, tidak serta merta meng-anak emaskan pemain keturunan.

Baca Juga:
Terkuak Alasan Shayne Pattynama Tinggalkan Viking FK, Bek Kiri Timnas Indonesia: Beginilah Sepak Bola

"Mungkin juga nanti akan ada 12-15 pemain keturunan Indonesia. Saya pikir siapa pun pelatih yang akan melatih Tim Nasional Indonesia akan profesional, bukan serta merta memainkan mereka semua, engga, harus tunjukin kualitas dong," katanya, dikutip dari kanal YouTube Bola Bung Binder, Kamis, (7/12).

Bung Binder juga menjelaskan bukti jika STY tidak melupakan pemain yang berkompetisi di Liga 1 Indonesia.

"Lihat saja tuh Coach Shin Tae-yong, dia liat siapa pemain yang berkembang di liga domestik, seperti Wahyu Presetyo. Dia kan dipanggil ada aja, jadi engga perlu khawatir ya, jadi jangan sampai ada pro kontra," ungkapnya.

Baca Juga:
PSM Imbangi Persib, Bernardo Tavares Jadi Pelatih Terbaik, Anak Asuh Bojan Hodak 'Absen' di Pekan 21 Liga 1

 

Load More