Rifqu Khanif
Calon pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On. (Instagram/nathantjoeaon)

Bolatimes.com - Proses naturalisasi dari dua pemain keturunan Indonesia yakni Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes sudah disetujui oleh Komisi X dan Komisi III DPR RI. Namun, ada beberapa catatan atau masukan untuk Timnas Indonesia atau PSSI dalam hal ini yang mengurus Tim Nasional.

Dalam rapat yang berlangsung pada Senin, (4/12), di Gedung DPR RI, Komisi X menjalankan rapat kerja bersama pemerintah dan PSSI untuk membahas soal permohonan pewarganegaraan dari pemain sepak bola profesional berketurunan Indonesia, Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes.

PSSI mengajukan Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes untuk dinaturalisasi karena pelatih Timnas Indonesia merekomendasikan mereka untuk beberapa event. Seperti, Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga:
20 Menit Stefano Beltrame Debut Bersama Persib, Statusnya Ungkap Soal Perasaan

Menurut Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia, dengan hadirnya pemain keturunan ke dalam skuadnya, bisa menambah kekuatan tim. Oleh sebabnya, PSSI memproses rekomendasi dari Shin Tae-yong, dengan mengajukan naturalisasi ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kemenpora menyetujui langkah dari PSSI untuk memperkuat materi pemain Timnas Indonesia, kemudian surat permohonan pewarganegaraan dari dua pemain keturunan diajukan ke DPR RI. Melalui Komisi X mereka merapatkan permohonan dari Kemenpora dan PSSI.

Dalam rapat tersebut, Komisi X secara umum menyetujui permohonan naturalisasi dari PSSI, namun salah seorang Anggota dari fraksi Partai NasDem, yakni Mohammad Haerul Amri, mengajukan saran ke PSSI.

Baca Juga:
Ini Yang Dilakukan Kevin Ray Mendoza Usai Rasakan Atmosfer Bobotoh Meski Batal Debut

Menurut Haerul Amri, PSSI harus mengkaji ulang terkait program naturalisasi, karena di pemerintahan, melalui Kemenpora, sudah ada program pembinaan.

"Apa yang telah menjadi target Pak Menteri (Dito Ariotedjo) dengan berbagai macam banyak varian skema pembibitan itu antara lain adalah tarkam itu ya saya kira itu jauh lebih penting ketimbang naturalisasi," saran Haerul Amri, dikutip dari kanal YouTube Komisi X DPR RI Channel, (4/12).

Tetapi, Haerul Amri menyetujui permohonan dari PSSI terkait naturalisasi dari Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Baca Juga:
Komentar Bojan Hodak Usai Persib Seri di Kandang: Setali Tiga Uang!

"Saya atas nama Fraksi Partai Nasdem menyetujui terhadap naturalisasi kepada saudara kita Jay Idzes dan saudara Nathan Tjoe A-On," imbuhnya.

Load More