Rifqu Khanif
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menggigit medali emas SEA Games 2023, dia juga bercerita soal Taufany. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Kisah di balik semifinal SEA Games 2023 mungkin saja akan tidak ada yang tahu, jika pelatih kepala Timnas Indonesia U-23 yang menangani tim waktu itu tidak bercerita. Benar sekali, Indra Sjafri juru latih Timnas SEA Games 2023 baru-baru ini membagikan kisahnya saat menangani Rizky Ridho dan kawan-kawan, di event olahraga terbesar asia tenggara.

Indra Sjafri sedikit banyak berbagi pengalaman ketika ia dapat pekerjaan mendadak untuk menukangi Timnas U-23. Padahal, pelatih kepala sesungguhnya Indonesia U-23 waktu itu adalah Shin Tae-yong.

Namun, karena Shin Tae-yong juga mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang batal, membuat Indra Sjafri turun tangan, sebagai juru taktik Tim Nasional U-23.

Baca Juga:
Eks Persebaya Surabaya Sho Yamamoto Resmi Gabung ke Persis Solo, Pasoepati Muak Karena ini

Dengan serba dadakan, Indra Sjafri mengaku tidak memiliki persiapan yang cukup matang dalam menghadapi SEA Games 2023. Tetapi, ia meminta ke PSSI, untuk mengabulkan permohonannya. Pria asal Padang itu meminta ke Federasi agar menyetujui susunan staff pelatih yang ia bawa.

Alhasil PSSI setuju, dan Indra Sjafri membawa staff kepelatihan pilihannya ke SEA Games 2023. Selain itu pemain yang sudah ia seleksi juga ikut terbang.

Di babak Grup, langkah Indonesia asuhan Indra Sjafri sangat mulus, sapu bersih lawannya dengan kemenangan membuat mereka melaju ke semifinal. Tapi di semifinal, Garuda Muda menghadapi raksasa asia tenggara, yaitu Vietnam.

Baca Juga:
Ciro Alves dan Dua Pemain Persib Sabet Penghargaan, Bobotoh Malah Kaget Gara-gara Foto

Partai dengan tensi tinggi tercipta, Indonesia bahkan harus bermain dengan sepuluh pemain, sampai akhirnya masuk ke menit keusial. Di menit babak pertambahan babak kedua, tepatnya saat 90' dengan perpanjangan waktu 8'. Indra yang melihat Philippe Troussier mengganti pemainnya, ia juga ikut merespon.

Tapi, gejolak di staff kepelatihan Timnas U-23 muncul ketika hendak memilih siapa pemain yang hendak mereka turunkan. Asisten Indra bilang, mereka ingin menurunkan Beckham Putra karena tampil inti di Persib, tapi sang juru taktik tidak setuju.

Skor yang masih 1-1 membuat keadaan genting apalagi Indonesia kalah jumlah pemain. Indra mengaku seperti ada mukjizat dari Sang Maha Kuasa, dia memutuskan memasukkan Muhammad Taufany ketimbang Beckham Putra.

Baca Juga:
Bojan Hodak di Mata Pemain Baru Persib Kevin Ray Mendoza

Bukan tanpa sebab Indra memilih Taufany ketimbang Beckham. Menurutnya, jika menilik dari berbagai riwayat seperti rekam medis, tes psikologi serta golongan darah, Taufany dinilai cocok diturunkan saat waktu genting itu terjadi.

"Dramatis banget, main 10 orang ada pertambahan waktu 8 menit. 8 menit itulah krusial kita berdiskusi, ada perdebatan saya dengan asisten. Saya minta ganti, saya minta Ananda Rayhan tarik keluar, untuk merespon Philippe Troussier yang mengganti 3 pemain," terang Indra, dilansir dari kanal YouTube Helmy Yahya Bicara, (30/11).

Dan saat itu, Indra memilih Taufany masuk lapangan karena berdasarkan hasil tes psikologi dan golongan darah.

"Ananda Rayhan keluar disodorkan dua pemain oleh asisten, Beckham Putra dan Taufany. Taufany dan Beckham Putra, semua asisten bilang Beckham, engga salah semua asisten karena data statistik, semua dia adalah yang terbaik," ujarnya.

"Di Persib Bandung sering bermain Taufany engga sering bermain, tapi saat itu saya putuskan Taufany yang masuk. Pertimbangan saya adalah saya dalam memilih pemain, swmua informasi tentang pemain komplit, mulai dari profil medis, profil psikologis, profil teknis, profil fisik termasuk golongan darah dan hal lain tentang dia, saya harus ketahui," lanjutnya.

Dan benar, solusi Indonesia menang berkat dari hal detail yang dilakukan Indra dalam mengetahui pemainnya.

"Kenapa saya pilih Taufany? Taufany golongan darahnya beda dengan golongan darah Beckham," pungkasnya.

Load More