Rifqu Khanif
Tristan Gooijer pemain Ajax Amsterdam berdarah Indonesia, akui dihubungi PSSI. (Instagram/tristangooijer)

Bolatimes.com - Tristan Gooijer pemain kelahiran Blaricum, Belanda, 2 September 2004, ternyata memiliki darah keturunan Indonesia. Dia kini sedang berkarir bersama tim Eredivisie, Ajax Amsterdam.

Namun, sayangnya Tristan Gooijer yang masih berumur 19 tahun belum mencatatkan debut bersama Ajax Amsterdam. Praktis, pemain yang berposisi sebagai bek itu, lebih sering berlaga bersama Jong Ajax di Eerste Divisie.

Total sudah 14 kali Tristan Gooijer tampil dengan Jong Ajax di musim 2023/2024 dengan menorehkan dua assist. Selain menjadi bek tengah, dia bisa bermain di posisi bek kiri.

Tristan tercatat sudah pernah dipanggil Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) untuk membela Timnas Belanda U-16 dan U-18. Bersama U-16, Tristan bermain sebanyak tiga kali, sedangkan di U-18 mencatat enam kali permainan.

Memiliki darah Indonesia terntunya membuat Tristan bisa saja membela Timnas Merah Putih. Tentu saja jika dia bersedia dan dibutuhkan PSSI, Tristan harus malalui proses naturalisasi terlebih dahulu.

Sudah ada beberapa pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia, apalagi saat dipegang Shin Tae-yong, Pasukan Garuda kedatangan lima punggawa keturunan.

Dan baru-baru ini Tristan mengaku sudah dihubungi oleh PSSI terkait ajakan untuk membela Timnas Indonesia, seperti dikutip dari kanal YouTube Yussa Nugraha, Senin, (27/11).

"Mungkin dari pihak PSSI pernah hubungi kamu?" tanya Yussa.

"Aku pernah bicara sama mereka (PSSI) dan kita ngobrol dengan baik, tapi aku belum mendalami situasinya," jawab Tristan.

Tristan masih belum yakin terkait tawaran dari PSSI, selain itu mengenai silsilah keluarga dia asal Maluku, juga masih perlu dipelajari.

"Karena situasiku beda tentunya dari pemain yang lain. Situasiku lebih berbeda dan sedikit sulit untuk menjelaskan," imbuhnya.

Jadi Tristan bukan pemain naturalisasi selanjutnya yang diincar PSSI. Namun, Tristan sangat suka dengan sepak bola Indonesia, terutama penontonnya.

 

 

Load More