Rifqu Khanif
Rombongan pemain Eropa diprediksi perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. (Instagram/0ratmangoen)

Bolatimes.com - Piala Asia 2023 Qatar yang akan dimulai pada 12 Januar - 10 Februari 2024 membuat sejumlah tim harus bersiap, termasuk Timnas Indonesia. Diketahui, tim yang dinahkodai oleh Shin Tae-yong pelatih asal Korea Selatan, berhasil lolos usai jadi runner-up grup di babak Kualifikasi.

Timnas Indonesia meraih enam poin saat Kualifikasi Piala Asia 2023 berlangsung di Kuwait. Secara mengejutkan, Shin Tae-yong mampu menumbangkan Kuwait dengan skor 2-1 dan Nepal 7-0, sementara ketima melawan Yordania mereka kalah 0-1.

Raihan enam poin membawa Timnas Indonesia kembali ke pentas Asia setelah absen kurang lebih 16 tahun. Hasil undian grup Piala Asia 2023 menempatkan Pasukan Garuda di Grup D, bersama Jepang, Vietnam dan Irak.

Baca Juga:
Dipagari Persib, Kakang Rudianto Aman dari Gangguan

Tentu, jika dilihat dari ranking FIFA, Indonesia tim terlemah di grup tersebut. Meski demikian, PSSI diketahui menargetkan agar STY atau Shin Tae-yong bisa membawa Timnas lolos dari fase grup.

Agar bisa tampil maksimal memenuhi target PSSI, tentunya STY akan menyiapkan timnya dengan matang, termasuk dalam pemilihan pemain.

Melalui kanal YouTube Bung Ropan, dikutip pada Jumat (24/11), 27 nama pemain diprediksi akan dipanggil oleh STY.

Baca Juga:
Dewa United vs Persib: Daisuke Sato Singgung Nama Saddil Ramdani, Tapi Bukan Soal Selebrasi

Berikut prediksi pemain Timnas yang akan dibawa ke Piala Asia Qatar 2023, menurut dari pengamat sepakbola Bung Ropan:

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Nadeo Argawinata atau Syahrul Trisna Fadillah, Muhammad Riyandi.

Bek: Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-on, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan.

Baca Juga:
Mantan Anak Buah Pemain Chelsea Menunggu 'Restu' Pelatih Persib: Kapan Diturunkan?

Gelandang: Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rahmat Irianto, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman.

Depan: Saddil Ramdani, Ragnar Oratmangoen, Stefano Lilipaly, Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Hokky Caraka, Yakob Sayuri

Dengan demikian, akan ada rombongan dari Eropa yang masuk ke daftar prediksi skuad Timnas Piala Asia 2023. Mereka adalah Marselino (KMSK Deinze-Belgia), Sandy Walsh (KV Mechelen-Belgia), Ivar (FC Utrecht-Belanda), Struick (Ado Den Haag - Belanda), Ragnar (Fortuna Sittard-Belanda), Baggott (Ipswich Town - Inggris).

Nathan (Swansea City-Inggris), Jay (Vanezia - Italia), Shayne (Viking FK-Norwegia). Kemudian ada empat pemain dari liga luar Indonesia, tapi di kawasan Asia, Asnawi (Jeonnam FC - Korea Selatan), Pratama (Tokyo Verdy - Jepang), Saddil (Sabah FC - Malaysia), Jordi (Johor Darul Takzim - Malaysia).

Namun untuk nama seperti Jay, Justin, Nathan dan Ragnar harus merampungkan proses naturalisasinya terlebih dahulu. Jika sebelum tanggal 10 Desember kelar, maka PSSI bisa mendaftarkannya untuk Piala Asia.

 

 

Load More