Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Wasit asal Jerman Aytekin melihat layar VAR (Video Assistant Referee) saat Inggris menghadapi Italia di laga persahabatan di Wembley. (AFP/Ian KINGTON)

Bolatimes.com - Piala Dunia U-17 2023 dipastikan bakal menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Kepastian itu disampaikan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga. Ia menjelaskan teknologi tersebut akan ada di semua venue Piala Dunia U-17 2023.

Stadion-stadion tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya). Tentu hal ini akan menjadikan kejuaraan tersebut menjadi menarik.

"Piala Dunia U-17 2023 akan memakai VAR di empat stadion," kata Arya Sinulingga saat bincang-bincang dengan awak media di Senayan, Jakarta, Senin (7/11/2023).

Adapun untuk wasit, Arya menjamin berkualitas karena didatangkan langsung oleh FIFA. Meski begitu ada beberapa dari Indonesia, namun sifatnya sebagai pendukung.

Selain itu diharapkan wasit-wasit yang terdaftar bisa belajar. Terutama ketika ada penggunaan VAR di mana rencananya BRI Liga juga bakal memakainya.

"Iya, dari Indonesia ada tiga (wasit). Itu sebagai pendukung. Ya, belajarlah (untuk penggunaan VAR)," pungkasnya.

Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember. Timnas Indonesia U-17 berada di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. 

Load More