Irwan Febri Rialdi
Pemain bertahan Timnas Indonesia, Sandy Walsh. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut daftar pemain Timnas Indonesia yang mengalami cedera jelang laga perdana putaran kedua (R2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak.

Pada bulan November 2023 besok, Timnas Indonesia akan memulai kampanyenya di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan melakoni laga perdana grup F kontra Irak.

Laga melawan Irak sendiri akan dilakoni tim besutan Shin Tae-yong tersebut pada 16 November dan dilanjutkan dengan laga kontra Filipina pada tanggal 21 November.

Demi melancarkan jalannya bisa melaju ke putaran selanjutnya, Timnas Indonesia diharuskan meraih hasil positif di dua pertandingan tersebut.

Guna meraih hasil positif, skuad Garuda pun harus membawa para pemain terbaiknya baik yang bermain di kompetisi lokal maupun di luar negeri.

Sayangnya jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu, Shin Tae-yong justru tengah dipusingkan seiring banyaknya pemain pilar yang cedera.

Setidaknya ada lima pilar Timnas Indonesia yang harus dibekap cedera jelang laga kontra Irak maupun Filipina. Siapa saja para pemain tersebut?

1. Marselino Ferdinan

Wonderkid Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, tengah dibekap cedera hamstring sejak pemanggilannya ke Timnas Indonesia saat melawan Brunei Darussalam beberapa waktu lalu.

Cedera tersebut hingga kini masih menghinggapinya. KMSK Deinze selaku klub yang dibelanya pun mengkonfirmasi bahwa cedera pemain berusia 18 tahun itu kian parah.

KMSK Deinze bahkan mengatakan bahwa semula penanganan cedera Marselino berlangsung positif. Tapi setelah kembali dari Timnas Indonesia, justru cederanya kian parah.

2. Sandy Walsh

Selain Marselino, Sandy Walsh yang juga berkarier di Liga Belgia harus dibekap cedera pada kaki kirinya. Cedera ini terbilang parah karena hingga mengeluarkan darah.

Cedera itu didapat kala timnya, KV Mechelen, melakoni lanjutan Liga Belgia melawan Cercle Brugge beberapa waktu lalu.

Meski cedera hingga berdarah, Sandy Walsh sendiri mengatakan dirinya baik-baik saja. bahkan ia mengaku mendapat beberapa jahitan karena lukanya itu.

3. Ivar Jenner

Gelandang jangkar muda milik Timnas Indonesia, Ivar Jenner, juga mengalami cedera. Terlebih setelah dirinya terjun di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Gelandang berusia 19 tahun itu sempat dipanggil ke tim senior untuk melawan Brunei Darussalam. Tapi dirinya tak tampil karena cedera yang dideritanya.

Ivar Jenner pun mengaku pesimis dirinya bisa pulih dalam waktu yang tepat, terutama saat Timnas Indonesia melawan Irak, kendati proses pemulihannya berlangsung baik.

4. Elkan Baggott.

Di lini belakang, Timnas Indonesia berpotensi bek andalannya, Elkan Baggott, kala melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak dan Filipina.

Bek milik Ipswich Town itu dikabarkan mengalami cedera punggung di klubnya. Cedera ini membuatnya beberapa kali absen di sesi latihan.

Bek berusia 21 tahun tersebut pun tengah menjalani pemulihan. Hanya saja belum diketahui kapan dirinya bisa pulih dan kembali bermain.

5. Yakob Sayuri

Dari Liga 1, pemain andalan PSM Makassar dan winger andalan Timnas Indonesia, Yakob Sayuri, juga tengah dibekap cedera yang membuatnya absen panjang.

Tercatat, saudara kembar Yance Sayuri ini terakhir bermain pada Agustus lalu. Meski dipanggil ke Timnas Indonesia, ia sempat absen karena cedera.

Karena cedera itu, Yakob Sayuri pun bisa saja tak dipanggil ke Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak dan Filipina.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More