Irwan Febri Rialdi
Aksi Marselino Ferdinan saat laga Timnas Indonesia vs Argentina. (PSSI)

Bolatimes.com - Pemain debutan termuda Timnas Indonesia yang sempat menjadi misteri kini berhasil terpecahkan, di saat deretan talenta muda banyak bermunculan.

Timnas Indonesia memiliki lima debutan termuda di mana salah satu di antaranya sempat memegang rekor yang belum terpecahkan sejak kehadirannya.

Semenjak ditukangi Shin Tae-yong, Timnas Indonesia melakukan perombakan besar dengan memotong satu generasi dan menggantinya dengan generasi baru.

Keputusan berani pelatih asal Korea Selatan itu membuat lahirnya banyak para debutan di skuad Garuda, bahkan dari umur yang paling muda.

Meski begitu, terdapat satu fakta menarik yakni di antara semua debutan behasil memecahkan rekor sang legenda, Boaz Solossa.

Lantas siapa saja para debutan tersebut? termasuk Boaz Solossa berikut ini di antaranya darah mudah debutan di skuad Garuda.

1. Ronaldo Kwateh (17 Tahun 3 Bulan 8 Hari)

Inilah sosok pemecah rekor Boaz Solossa sebagai debutan termuda di Timnas Indonesia, saat itu Ronaldo Kwateh berusia 17 Tahun 98 hari.

Ia dimainkan Shin Tae-yong di laga melawan Timor Leste pada 30 Januari 2022, meski tidak sebagai starter skuad Garuda.

Dimasukkan di babak kedua, Ronaldo mengganti Ramai Rumakiek dan hebatnya berhasil mencetak assist terhadap gol Ricky Kambuaya menit ke-65.

2. Marselino Ferdinan (17 Tahun 4 Bulan 18 Hari)

Digadang-gadang sebagai bintang masa depan Timnas Indonesia sejak debutnya di laga melawan Timor Leste pada 27 Januari 2022 lalu.

Saat itu Marselino Ferdinanmasih berusia 17 tahun 138 hari, pengalaman bermain di level junior membuatnya tak canggung.

Meski dihadapkan dengan para senior, Marselino mampu mengimbangi ritme dan menjelma sebagai motor serangan skuad Garuda.

3. Asnawi Mangkualam (17 Tahun 4 Bulan 21 Hari)

Siapa sangka sosok yang saat ini dipercaya sebagai kapten Timnas Indonesia ini termasuk dalam daftar debutan termuda skuad Garuda.

Eks pemain Ansan Greeners ini resmi melakoni debut sebagai pemain Timnas Indonesia saat usianya menginjak 17 tahun 141 hari.

Tepatnya pada Maret 2017, saat Timnas Indonesia menjamu Myanmar di Stadion Pakansari, Bogor di bawah komando Luis Milla.

4. Egy Maulana Vikri (17 Tahun 6 Bulan 10 Hari)

Kemunculannya membuat dunia terhenyak, lewat predikat Messi Indonesia yang disematkan kepadanya meski tak berlangsung lama.

Eks pemain Lechia Gdansk ini berhasil debut di Timnas Indonesia saat usianya 17 tahun 190 hari, di laga melawan Islandia.

Tampil selama 84 menit di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta yang menjadi saksi bisu laga debutnya.

5. Boaz Solossa (18 Tahun 14 Hari)

Boaz Solossa melakoni debut bersama Timnas Indonesia pada 30 Maret 2004 di usianya yang baru 18 tahun 14 hari.

Meski begitu debut Boaz tidak terlalu manis bersama Timnas Indonesia usai dipaksa takluk dari Turkmenistan dengan skor 1-3.

Pemanggilan Boaz ke Timnas Indonesia tak lepas dari performa impresif sang pemain selama berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004 di Sumatera Selatan.

Kontributor: Eko
Load More