Irwan Febri Rialdi
Victor Mansaray saat bermain untuk klub Amerika Serikat, Sounders FC. (Dok. Sounders FC)

Bolatimes.com - PSM Makassar akan memiliki striker mengerikan pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. Dia adalah Victor Mansaray.

Dugaan ini menguat setelah PSM Makassar mengunggah sejumlah foto pemain yang tengah menjalani tes medis. Sosok pemain tersebut memang tak terlihat wajahnya. Menurut kabar, pemain tersebut bernama Victor Mansaray.

Dalam unggahannya tersebut, PSM Makassar memang tak menjelaskan secara spesifik soal identitas pemain yang bersangkutan. Mereka hanya menyelipkan caption bertuliskan, “Robocop”.

Tak sedikit yang meyakini bahwa pemain ini ialah Victor Mansaray yang bakal menjadi penyerang baru skuad asuhan Bernardo Tavares pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023/2024. Lalu, siapa sebenarnya sosok Victor Mansaray?

Mengenal Victor Mansaray

Victor Mansaray sebetulnya bukanlah sosok pesepak bola yang asing bagi para pencinta sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Sebab, dia sudah cukup lama merintis kariernya bersama sejumlah klub Liga Vietnam.

Pemain ini tercatat lahir di Freetown, Sierra Leone, pada 22 Februari 1997. Selama masa kecilnya, dia menghabiskan waktu di Sierra Leone dan Jamaika. Lalu, keluarganya memutuskan pindah ke Amerika Serikat.

Di sinilah bakat sepak bolanya terus diasah. Mulanya, dia bergabung bersama Seattle Sounders Academy pada 2012. Kiprahnya memang terhitung mentereng karena menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di sana.

Setelah itu, dia mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan tim senior Seattle Sounders pada 2015. Ini menjadi kontrak pertamanya bersama klub yang berkompetisi di Major League Soccer (MLS) atau kasta tertinggi Liga Amerika Serikat.

Kiprahnya memang terhitung istimewa di Negeri Paman Sam. Sebab, dia sempat menjadi andalan Timnas Amerika Serikat di level U-18 dan U-20.

Setelah sempat menjalani masa pinjaman bersama FC Cincinnati, Mansaray memutuskan untuk berkarier di luar negeri. Klub pertamanya ialah Umea, kesebelasan asal Swedia. Setelah itu, dia sempat kembali ke AS untuk bermain bersama Charleston Battery.

Sejak saat itu, dia mulai berpetualang ke Vietnam. Klub pertamanya ialah Becamex Binh Duong (2019).

Setelah itu, dia sempat bermain untuk Ho Chi Minh City (2019(, Hong Linh Ha Tinh (2020), lalu kembali bermain untuk Becamex Binh Duong (2020-2021).

Pada dua tahun terakhir, dia bermain bersama Thep Xanh Nam DInh (2022) dan Ho Chi Minh City (2023). Baru setelah itu, dia disebut-sebut bergabung bersama PSM Makassar di Liga 1 2023/2024.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More