Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Timnas Irak saat beruji coba melawan Yordania. (Dok. Irak FA)

Bolatimes.com - Irak terus memantapkan skuat. Mereka resmi menaturalisasi pemain dari Swedia menjelang pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Pemain yang dimaksud adalah Montader Madjed, yang bermain untuk klub papan atas liga Swedia, Hammarby, yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Zlatan Ibrahimovic.

Berusia 18 tahun, Montader Madjed tampil sebagai penyerang dalam timnya. Montader Madjed lahir di Jonkoping, Swedia, dari orang tua Irak.

Pada 27 September lalu, Asosiasi Sepak Bola Irak mengumumkan penyelesaian dokumen resmi untuk Montader Madjed, sesuai permintaan pelatih Jesus Casas.

Yang perlu dilakukan hanyalah mentransfer dokumen tersebut dari Federasi Swedia ke Federasi Irak.

Dikutip dari Winwin, sumber yang dekat dengan Madjed mengungkapkan bahwa setelah menyelesaikan dokumen resminya, ia menerima undangan untuk bergabung dengan tim muda Swedia dalam Kualifikasi Piala Eropa U-19.

Meskipun demikian, ia masih membuka peluang untuk memperkuat timnas Irak, dan berencana menyelesaikan prosedur transfer dokumen dari Swedia ke Irak sebelum akhir tahun ini.

Menurut sumber yang sama, Madjed telah menyatakan niatnya untuk bermain untuk timnas Irak setelah tugasnya dengan timnas Swedia selesai, terutama setelah kunjungan Jesus Casas ke Swedia pada bulan Juli.

Irak akan berhadapan dengan timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Basra International Stadium pada 16 November 2023.

Namun, Madjed kemungkinan belum dapat bergabung dengan timnas Irak karena proses dokumennya akan selesai menjelang akhir tahun.

Di putaran kedua, Irak berada di Grup F bersama timnas Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Madjed berpotensi memperkuat Irak dalam pertandingan Piala Asia 2023 di Qatar pada awal 2024, di mana Irak dan timnas Indonesia juga tergabung dalam Grup D bersama Jepang dan Vietnam.

Sementara itu, timnas Indonesia telah diperkuat oleh sejumlah pemain naturalisasi termasuk Marc Klok, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

 

Load More