Irwan Febri Rialdi
Timnas Malaysia di Piala Merdeka 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Lima negara Asia Tenggara (ASEAN) mengalami penurunan peringkat FIFA seusai menjalani pertandingan internasional pada periode Oktober 2023.

Dari seluruh negara asal ASEAN, Timnas Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami peningkatan ranking FIFA. Hasil ini didapatkan setelah mengalahkan Brunei Darussalam pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah sukses menang 6-0 pada dua pertandingan, Timnas Indonesia sukses naik dua peringkat ke urutan 145 ranking FIFA. Kemenangan dengan agregat 12-0 itu menambah perolehan poin sebesar 16,95 untuk Merah Putih.

Selain itu, Vietnam, Singapura, dan Myanmar juga mengalami nasib serupa. Mereka juga sukses mengatrol peringkatnya pada ranking FIFA. Ada pula beberapa negara yang justru ambrol pada periode ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah negara ASEAN yang mengalami penurunan peringkat FIFA setelah pertandingan internasional periode Oktober 2023.

1. Timor Leste

Timor Leste mengalami nasib paling nahas di Asia Tenggara. Sebab, negara yang posisinya paling buncit ini justru kembali ambles karena kehilangan banyak poin.

Mereka mengalami minus 17.05 poin pada FIFA Matchday terakhir, sehingga harus turun ke peringkat 197 setelah sebelumnya duduk di urutan 192.

2. Filipina

Duduk di urutan keempat ASEAN, Filipina juga harus menelan pil pahit. Mereka turun ke peringkat 138 FIFA karena kehilangan 3.35 poin. Hasil ini diraih setelah mereka kalah 0-1 dari Bahrain.

3. Kamboja

Berikutnya, penurunan peringkat juga dialami Kamboja. Mereka harus kehilangan 17.17 poin pada agenda FIFA Matchday terakhir. Efeknya, Kamboja harus turun sembilan peringkat. Sebelumnya, mereka sempat duduk di peringkat 177 FIFA, tetapi kini harus melorot drastis ke urutan 178 FIFA.

4. Laos

Laos juga mengalami nasib serupa. Mereka kehilangan cukup banyak poin pada agenda FIFA Matchday terakhir, yakni sebesar 7.27 poin. Saat ini, Laos berada di peringkat 186 FIFA. Itu artinya posisi mereka stagnan meski harus minus poinnya.

5. Malaysia

Yang terakhir, ada negara peringkat tiga besar ASEAN, yakni Malaysia, yang alami penurunan. Mereka justru turun satu strip ke posisi 137 ranking FIFA karena kehilangan 1.82 poin.

Padahal, sejatinya mereka sempat menang 4-2 atas India, tetapi kemudian kalah 0-2 dari Tajikistan pada FIFA Matchday terbaru. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More