Irwan Febri Rialdi
Akun bola Filipina meledek Timnas Indonesia. (Facebook)

Bolatimes.com - Melihat rekor pertemuan Timnas Indonesia vs Filipina seiring adanya ejekan yang diberikan The Azkals terhadap skuad Garuda jelang duel keduanya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jelang putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia mendapat olok-olok dari Filipina seiring bakal bertemunya kedua negara di grup F.

Ejekan itu datang dari jagat media sosial, FaceBook, di mana akun Philippines Football League MEMES membuat meme berupa Psywar untuk tim besutan Shin Tae-yong.

Meme itu diunggah tepat setelah Filipina tumbang dari Bahrain dengan skor 0-1 saja di FIFA Matchday Oktober 2023 kemarin.

Karena negaranya kalah tipis 0-1, akun Philippines Football League MEMES langsung mencecar Timnas Indonesia yang pernah dibantai 0-10 oleh Bahrain pada 2012 silam.

Tak hanya mengunggah meme yang mengejek itu, akun tersebut juga menuliskan keterangan yang menantang Timnas Indonesia jelang duel pada Matchday kedua grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Sampai jumpa Indonesia di Manila di RMS (Rizal Memorial Stadium) tanggal 21 November ini,” tulis keterangan akun tersebut dalam meme unggahannya.

Hingga meme itu diunggah, banyak netizen Tanah Air meramaikan postingan tersebut dan terhibur dengan Psywar yang diberikan Filipina.

Hadirnya Psywar dari Filipina ini seakan mengalahkan akal sehat. Sebab, Psywar ini hadir saat The Azkals punya rekor pertemuan yang buruk saat melawan Timnas Indonesia.

Bisa dikatakan, Timnas Indonesia sangat dominan saat bersua Filipina. Dilansir dari laman 11v11, kedua tim tercatat telah bertemu sebanyak 25 kali.

Dari 25 pertemuan tersebut, Timnas Indonesia mampu mendominasi Filipina dengan meraih 20 kemenangan, empat hasil imbang, dan satu kekalahan saja.

Bahkan dalam lima pertemuan terakhirnya, Timnas Indonesia tercatat menang dua kali menang, dua kali imbang, dan hanya kalah satu kali saja.

Kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Filipina sendiri didapat di ajang Piala AFF 2022 lalu, yakni dengan skor 2-1 kala bermain di Rizal Memorial Stadium.

Berikut rekor pertemuan Timnas Indonesia vs Filipina dalam lima pertemuan terakhirnya seperti yang dilansir dari laman 11v11.

(14/08/2013) Indonesia 2-0 Filipina (FIFA Matchday)
(25/11/2014) Filipina 4-0 Indonesia (Piala AFF)
(22/11/2016) Indonesia 2-2 Filipina (Piala AFF)
(25/11/2018) Indonesia 0-0 Filipina (Piala AFF)
(02/01/2023) Filipina 1-2 Indonesia (Piala AFF)

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More