Irwan Febri Rialdi
Timnas Irak saat beruji coba melawan Yordania. (Dok. Irak FA)

Bolatimes.com - Mengulas lawan Timnas Indonesia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di atas kertas, Irak menjadi lawan yang paling tangguh.

Timnas Indonesia masuk Grup F Kualifikasi Putaran Kedua Piala Dunia 2026, lawan cukup sepadan dengan Irak, Vietnam dan Filipina di dalamnnya.

Kualifikasi Putaran Kedua Piala Dunia 2026 zona Asia mulai digelar pada 16 November hingga 11 Juni 2024, fase ini menggunakan format kandang-tandang.

Masing-masing tim toal akan memainkan enam kali pertandingan, hanya dua tim yang mendapat tiket lolos ke putaran ketiga kualifikasi.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menghadapi Irak pada 16 November mendatang, lima hari berselang melawan Filipina sebagai tuan rumah.

Pertandingan ketiga fase grup digelar pada 21 Maret 2024 melawan Vietnam di kandang, menarik dilihat seberapa kuat ketiga lawan skuad Garuda di babak ini.

1. Timnas Irak

Timnas Irak diklaim sebagai lawan terkuat di fase ini bagi Timnas Indonesia, bahkan tim terkuat yang ada di Grup F.

Sepanjang 2023 Irak sukses mencatat prestasi membanggakan, baru-baru ini mereka meraih juara Arabian Gulf Cup usai mengalahkan Oman.

Kemudian meraih gelar juara King's Cup usai mengalahkan Thailand di partai final dan teranyar menempati peringkat ketiga Jordan Tournament.

Hanya tiga kekalahan yang diderita Irak sepanjang tahun ini, dua di antaranya didapat saat melawan Rusia dan Kolombia.

2. Timnas Vietnam

Vietnam adalah mimpi buruk Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, khususnya ketika masih ditukangi Park Hang-seo sebagai pelatih.

Dalam enam pertandingan, Vietnam seolah kehilangan jati diri setelah hanya meraih tiga kemenangan atas Hong Kong, Suriah dan Palestina.

Sementara tiga kekalahan lain diderita secara beruntun dengan total kebobolan 10 gol melawan China, Uzbekistan dan Korea Selatan.

Kekuatan Vietnam tak bisa dipandang sebelah mata, Shin Tae-yong tentu memberi perhatian khusus terhadap mereka.

3. Timnas Filipina

Keunggulan Timnas Filipina saat ini atas Indonesia adalah ranking FIFA, skuad Garuda masih berada di bawah tim berjuluk The Azkals itu.

Peforma Filipina dalam tiga pertandingan terakhir cukup memuaskan, imbang melawan Taiwan dan mampu mengalahkan Kirgistan serta Afghanistan.

Banyak laga uji coba digelar Filipina melawan tim-tim Timur Tengah, termasuk agenda melawan Bahrain dalam beberapa waktu ke depan.

Pengalaman bermain melawan tim-tim Arab menjadi modal tersendiri bagi Filipina, khususnya di Kualifikasi Putaran Kedua Piala Dunia 2026.

Kontributor: Eko
Load More