Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
pemain PSM Makassar, Muhammad Dzaky (Instagram/muhammmaddzaky_)

Bolatimes.com - Nasib apes dialami oleh Dzaky Asraf karena dirinya masih belum mendapatkan kesempatan debut di timnas Indonesia senior.

Dzaky Asraf dipanggil Shin Tae-yong ke skuad Garuda bersama dengan Hokky Caraka. Mereka berdua masuk setelah ada dua pemain yang dicoret karena cedera.

Akan tetapi, nasib Hokky Caraka dan Dzaky Asraf berbeda. Nyatanya striker PSS Sleman itu langsung mendapatkan debut kala timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam 12 Oktober.

Bahkan pelatih asal Korea Selatan ini menurunkan Hokky ketika leg kedua melawan Brunei Darussalam. Penyerang asal Gunungkidul ini pun mencetak dua gol bagi tim Merah Putih.

Di sisi lain, ada juga satu pemain muda yang dipanggil Shin Tae-yong. Adalah Arkhan Fikri yang mentereng di timnas kelompok umur U-23.

Juru taktik asal Korea ini lantas mempromosikan Arkhan Fikri ke timnas senior. Gelandang Arema FC itu juga mendapatkan debut di leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Brunei Darussalam.

Sayangnya meski Arkhan dan Hokky diberikan debut, Dzaky Asraf belum mendapatkan kesempatan. Pemain PSM Makassar ini masih kalah saing dengan Asnawi Mangkualam hingga Sandy Walsh di sisi kanan pertahanan.

Padahal Dzaky Asraf sendiri terhitung sudah tiga kali mendapatkan panggilan ke timnas Indonesia senior, yaitu pada Maret 2023, September 2023, dan terakhir bukan Oktober ini. Namun sayangnya, ia masih belum debut bersama skuad Garuda senior.

Terlepas dari itu, timnas Indonesia kini lolos ke ronde dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan akan bertemu dengan Irak, Vietnam, serta Filipina.

Load More