Irwan Febri Rialdi
Nathan Tjoe-A-on gabung Swansea City. (Instagram/@swansofficial)

Bolatimes.com - Keseriusan pemain keturunan Indonesia-Belanda, Nathan Tjoe-A-On, untuk menjadi pilar naturalisasi Timnas Indonesia, secara tidak langsung akan menggeser posisi beberapa pemain yang posisinya mirip.

Pasalnya, ada beberapa pemain yang nasibnya bakal terancam di Timnas Indonesia apabila nantinya Nathan Tjoe-A-On telah resmi menjadi menjalani proses naturalisasi untuk mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia. 

Yang terbaru, pemain asal klub Swansea City itu tampak menghadiri langsung pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (12/10/2023).

Pada momen itu, Nathan berjumpa dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan juga sempat bersalaman dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan itu, Erick menegaskan keseriusan Nathan menjadi WNI.

"Dia serius. kalau enggak, ga dateng dia sama bapaknya. Kalau enggak, gak dikenalin sama presiden," kata Erick Thohir kepada awak media usai laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam.

Tentu saja ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang akan kehilangan tempat apabila nantinya Nathan telah resmi menjadi WNI dan dipanggil Shin Tae-yong.

1. Fachruddin Aryanto

Salah satu pemain yang berpotensi tergusur karena kehadiran Nathan Tjoe-A-On ialah Fachruddin Aryanto. Apalagi, bek asal Klaten, Jawa Tengah, itu sudah memasuki masa-masa senja.

Fachruddin saat ini sudah berumur 34 tahun. Apabila Nathan Tjoe-A-On resmi jadi WNI, bek tengah Madura United itu bakal kehilangan tempat di Timnas Indonesia.

Apalagi, saat ini skuad Merah Putih lebih mengandalkan pemain-pemain yang lebih muda dan lebih segar. Situasi inilah yang mengancam Fachruddin.

2. Pratama Arhan

Pratama Arhan tentu saja wajib berhati-hati dengan nasibnya. Sebab, Nathan Tjoe-A-On juga bisa menjadi sosok pemain yang menggusur posisinya. Bek berusia 21 tahun ini juga bisa bermain sebagai bek kiri.

Tak hanya itu, Nathan juga bisa menempati wingback kiri. Dengan pengalamannya bersama Swansea City di kasta kedua Liga Inggris, Nathan merupakan ancaman terbesar bagi Arhan.

Apalagi, sampai saat ini Arhan masih belum mendapatkan menit bermain yang reguler bersama Tokyo Verdy. Dia lebih banyak bermain sebagai cadangan alih-alih bermain reguler.

3. Edo Febriansyah

Berikutnya, ada nama Edo Febriansyah yang juga terancam dengan kedatangan Nathan. Sebab, seperti Arhan, Edo Febriansyah juga berposisi sebagai bek kiri di Timnas Indonesia.

Namun, Edo tampaknya bisa sedikit bernapas lega karena dia bisa bermain lebih ofensif. Sehingga, keunggulan inilah yang nantinya bisa menyelamatkan Edo dari kehadiran Nathan.

Dibandingkan Arhan, Edo memang bermain lebih reguler bersama Persib Bandung di Liga 1 2023/2024. Dia juga bisa bermain sebagai sayap kiri, sehingga bisa menjadi keunggulan tersendiri.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More