Irwan Febri Rialdi
Emil Audero Mulyadi saat debut bersama Inter Milan. (Instagram/emil_audero)

Bolatimes.com - Berikut tiga pemain keturunan yang mungkin akan menyusul Nathan Tjoe-A-On naturalisasi dan membela Timnas Indonesia, di mana salah satunya adalah bintang Inter Milan.

Belakangan nama Nathan Tjoe-A-On menjadi perbincangan hangat pecinta sepak bola Tanah Air, usai dirinya kedapatan hadir di laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam.

Di laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno itu, Nathan, sapaannya, tampak hadir di tribun bersama dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

Kehadirannya itu pun membuat namanya santer diberitakan bakal dinaturalisasi oleh PSSI untuk membela Timnas Indonesia di kemudian hari.

Dalam kehadirannya itu, pemain yang membela Swansea City ini datang bersama Fardy Bachdim, seorang agen yang juga sekaligus merupakan kakak dari Irfan Bachdim.

Diyakini, pertemuannya dengan Erick Thohir itu untuk membahas kelanjutan proses naturalisasinya yang hingga kini belum terdengar gaungnya.

Jika proses naturalisasi Nathan telah bergulir, kabarnya ada beberapa pemain keturunan lainnya yang akan segera menyusul. Siapa saja pemain tersebut?

1. Jay Idzes

Jay Idzes merupakan salah satu pemain keturunan yang dikabarkan sudah masuk dalam program naturalisasi PSSI dalam waktu dekat.

Kepastian dirinya bakal dinaturalisasi telah terlihat di mana pemain milik Venezia itu sudah pernah datang ke Indonesia dan bertemu Erick Thohir secara langsung pada September lalu.

Kabarnya, urusan administrasi untuk naturalisasi bek berusia 23 tahun ini sudah masuk ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumhan) Republik Indonesia.

2. Thom Haye

Timnas Indonesia juga dikabarkan akan menaturalisasi gelandang milik Heerenveen, Thom Haye. Kabar ini hadir setelah dirinya kedapatan mengikuti akun Instagram PSSI.

Bahkan, gelandang berusia 28 tahun itu pernah secara terang-terangan mengaku ingin membela Timnas Indonesia, usai kesempatannya membela Belanda terbilang kecil.

“Saya dengar ada kemungkinan bermain untuk (Timnas) Indonesia, tapi itu belum terwujud,” kata Thom Haye dikutip dari Voetbalzone.

3. Emil Audero Mulyadi

Tak hanya Jay Idzes saja, PSSI juga membuka opsi menaturalisasi pemain keturunan yang bermain di Liga Italia, yakni Emil Audero Mulyadi yang bermain bagi Inter Milan.

Pemain keturunan Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat itu dulunya sempat menolak dinaturalisasi karena ingin menembus Timnas Italia seperti penuturan sang ayah.

Tapi, belakangan PSSI lewat anggota Komite Eksekutif (Exco) nya, Arya Sinulingga, menyebut bahwa saat ini pihaknya tengah berencana melakukan komunikasi untuk menaturalisasi Emil Audero.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More